Pesawat Luar Angkasa 'Starship' Lulus Uji Cryogenic

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 28 April 2020 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 56 2206100 pesawat-luar-angkasa-starship-lulus-uji-cryogenic-PqwilLcZPB.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Pesawat luar angkasa 'Starship' milik Space X dilaporkan lulus uji bukti cryogenic pada Minggu malam di Texas Selatan. Hal tersebut membuka jalan bagi tim untuk memasang mesin Raptor minggu ini untuk uji coba penembakan.

Dilansir dari laman Space Flight Now, Selasa (28/4/2020) kendaraan uji Starship, yang ditunjuk SN4, dimuat dengan nitrogen cair super dingin. Pengujian cryogenic pada Minggu malam terjadi sehari setelah SpaceX melakukan uji tekanan kendaraan Starship SN4.

"Terbuat dari stainless steel, model uji Starship selanjutnya akan menerima mesin Raptor berbahan bakar metana untuk persiapan uji coba 'semoga akhir pekan'," kata Elon Musk melalui akun Twitternya.

Pengujian tekanan cryogenic pada tiga model sebelumnya mengakibatkan pecahnya ledakan di pabrik dan tempat pengujian perusahaan di Boca Chica, Texas. Musk mengatakan insinyur SpaceX adalah teknisi yang telah memperkenalkan teknik manufaktur dan las yang ditingkatkan pada kendaraan Starship baru.

Starship adalah tahap teratas dari peluncuran dan sistem transportasi ruang angkasa generasi berikutnya. Starship dapat mengangkut lebih dari 100 metrik ton, atau 220.000 pound, kargo ke orbit Bumi yang rendah.

"Starship memiliki kemampuan untuk mengangkut satelit, muatan, awak, dan kargo ke berbagai orbit dan Bumi, bulan, atau situs pendaratan Mars," kata pihak SpaceX.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini