Tips Merawat Mouse PC saat Work From Home

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 28 April 2020 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 92 2206093 tips-merawat-mouse-pc-saat-work-from-home-wUysl8ynBL.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Mouse menjadi salah satu perangkat yang penting digunakan untuk mengendalikan Komputer/PC Anda. Apalagi saat bekerja dari rumah atau Work From Home sekarang ini dimana Anda akan lebih sering menggunakan PC di rumah. Kalian juga perlu menjaga mouse agar tidak mudah rusak, berikut tipsnya seperti dikutip dari berbagai sumber.

Gunakan Mouse Sewajarnya

Mouse perlu istirahat bila tidak digunakan. Jika terlalu sering digunakan juga akan memperpendek umur mouse. Selain itu hindari juga menekan mouse terlalu dalam.

 

Bersihkan Mouse Optik

Mouse modern saat ini sudah mengusung standar optik, di mana perangkat mengeluarkan cahaya merah di bagian bawah mouse. Pengguna disarankan untuk membersihkan mouse optik secara berkala. Bersihkan dari debu dan kotoran menggunakan cotton bud.

Jauhkan Mouse dari Benda Cair

Cairan yang mengenai perangkat elektronik tentu berbahaya. Biasanya, pengguna meletakan wadah berisi minuman di meja kerja. Mulai saat ini, hindari meletakan wadah minuman tersebut, sebab apabila tumpah dan airnya mengenai mouse, hal ini berpotensi merusak mouse.

Berhati-Hati Menggulung Kabel

Ada jenis mouse yang didesain menggunakan kabel dan yang nirkabel. Untuk mouse yang memiliki kabel, pengguna disarankan untuk berhati-hati saat menggulungnya. Disarankan kepada pengguna untuk memakai mouse nirkabel yang kini banyak beredar.

Tidak Mencabut dan Colok USB Sesering Mungkin

Pengguna apabila hanya menggunakan laptop misalnya hanya untuk memindahkan file data, maka penggunaan mouse mungkin bisa dihindari. Mencabut atau mencolok USB terlalu sering dikhawatirkan bisa merusak port USB.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini