5 Kebiasaan yang Harus Anda Hindari agar Laptop Awet

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 28 April 2020 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 92 2206113 5-kebiasaan-yang-harus-anda-hindari-agar-laptop-awet-qdPJ0lfn18.jpeg Ilustrasi WhatsApp (Foto: Ist)

JAKARTA – Laptop menjadi salah satu perangkat yang membantu pekerjaan Anda lebih mudah. Apalagi di tengah pandemi sekarang ini, dimana sebagian besar karyawan diimbau untuk bekerja dari rumah. Ini waktunya Anda merawat laptop dan memperhatikannya. Jangan sampai laptop rusak dan menunda pekerjaan Anda. Berikut beberapa kebiasaan yang dapat menguat laptop cepat rusak seperti dikutip dari laman ECR, Selasa (8/4/2020).

 

1. Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Kebiasaan ini mungkin sering Anda lakukan saat bekerja dari rumah. Namun hal tersebut dapat membuat laptop Anda cepat panas dan rusak. Pasalnya kipas pada laptop tidak akan bekerja dengan baik karena tertahan kasur. Serta tidak ada aliran udara. Sebaiknya Anda meletakan laptop pada tatakan buku yang lebih tinggi atau pada bahan yang lebih mudah dingin.

2. Meletakan Benda di Laptop

Hinda meletakan benda di atas laoptp.. Menempatkan benda di atasnya dapat menggores bahkan membuat pecah laptop. Benda berat dapat menyebabkan kerusakan serius pada LCD dan engsel.

3. Membersihkan Laptop dengan Detergen Berbahaya

Layar laptop memang harus dibersihkan, tetapi menggunakan detergen keras untuk menghilangkan kotoran dapat merusak laptop Anda.

Cara terbaik membersihkan laptop Anda adalah menggunakan kain microfiber kering. Untuk keyboard dan touchpad, Anda dapat menggunakan Compressed Air Can atau Air Duster. Selain itu, jangan terlalu menekan laptop saat proses pembersihan.

4. Makan Sambil Bermain Laptop

 

Bahaya tersebut terjadi ketika remah-remah makanan jatuh ke keyboard Anda. Tidak hanya membuat kotor, tetapi dapat membuat keyboard tidak berfungsi.

Terlebih jika cairan minuman Anda tumpah di atas keyboard Anda. Menurut Sewelltech, tumpahan cairan adalah penyebab utama dari 60% perbaikan laptop.

5. Menjelajahi Situs Tanpa Perlindungan

Dengan menjelajahi situs-situs seperti tempat mengunduh film atau pun software gratis memungkinkan laptop Anda untuk terinfeksi malware.

Terlebih software tersebut seolah-olah sebagai suatu antivirus yang seharusnya melindungi laptop Anda. Gunakan software yang telah Anda dapatkan dari paket Laptop Anda langsung ketika membelinya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini