Pandemi Covid-19, Alphabet Ungkap Lambatnya Pemasukan Iklan Google

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 29 April 2020 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 207 2206728 pandemi-covid-19-alphabet-ungkap-lambatnya-pemasukan-iklan-google-WDZ35Ozw65.jpg (Foto: Cnet)

JAKARTA - Perusahaan induk Google, Alphabet mengumumkan hasil kuartal pertama. Perusahaan mengungkap kinerja sesuai harapan hingga Maret ketika pendapatan iklan melambat, dikutip Thedrum.

Bisnis perusahaan masih melihat pertumbuhan 13% untuk kuartal, dibandingkan tahun lalu, ketika menggabungkan hasil dari bisnis pencarian, YouTube dan cloud. Akan tetapi, terjadi penurunan pendapatan iklan pada Maret karena virus corona secara "tiba-tiba dan signifikan".

“Q1 dalam banyak hal adalah kisah dua kuartal, untuk bisnis periklanan kami, dua bulan pertama kuartal itu kuat. Pada bulan Maret, kami mengalami penurunan yang signifikan dan tiba-tiba dalam pendapatan iklan kami," kata Sundar Pichai, Chief Executive of Alphabet dan Google.

"Waktu perlambatan, berkorelasi dengan lokasi dan sektor yang dipengaruhi oleh virus dan terkait perintah penutupan. Ketika dampak Covid-19 mulai terlihat, kami menunda beberapa peluncuran iklan dan memprioritaskan mendukung pelanggan kami, karena banyak yang menyesuaikan strategi mereka," jelasnya.

Pichai mengatakan bahwa pengembalian ke tingkat pengeluaran iklan yang normal akan tergantung pada faktor ekonomi yang lebih luas.

“Secara keseluruhan, memulihkan pengeluaran iklan akan tergantung pada pengembalian kegiatan ekonomi. Ada dua aspek utama dari bisnis kami yang memberi kami kepercayaan diri tentang masa depan. Pertama, seperti yang kita lihat setelah 2008, salah satu fitur terkuat dari pencarian adalah dapat disesuaikan dengan cepat, sehingga relatif lebih mudah untuk dimatikan dan dihidupkan kembali dan pemasar melihat ini sebagai sangat hemat biaya dan berbasis ROI. Kedua, bisnis kami lebih beragam daripada di tahun 2008. Misalnya, Cloud,” tambahnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini