Sejiwa Diluncurkan, Menkominfo Beri Perhatian Perlindungan Data Pribadi

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 29 April 2020 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 207 2206738 sejiwa-diluncurkan-menkominfo-beri-perhatian-perlindungan-data-pribadi-Y4oRYudhOV.jpg Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate (Foto: Kominfo)

JAKARTA - Pemerintah meluncurkan layanan psikologi 'Sejiwa' untuk membantu masyarakat menghadapi masa pandemi virus corona (covid-19). Selain dampak ekonomi, dampak psikis juga dirasakan dari situasi sekarang ini yang dinilai mempengaruhi masyarakat.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mendukung hadirnya layanan tersebut.

"Kami memberikan dukungan yang kuat, karena Layanan Sehat Jiwa ini akan semakin memperkuat inisiatif Kementerian Kominfo dan kementerian lain, khususnya terkait dengan Aplikasi PeduliLindungi," tutur Johhny dalam keterangan resminya, Rabu (29/4/2020).

Menteri Johhny menambahkan bahwa data pribadi menjadi perhatian. Pasalnya pemanfaatan ruang digital biasanya rentan terhadap pelanggaran data pribadi.

"Karenanya kami ingin agar tetap menjaga dan memperhatikan tiap perlindungan atas data pribadi sebagaimana diamanatkan oleh berbagai undang-undang," jelasnya.

Johnny menyatakan jaminan pelindungan data pribadi berkaitan dengan penanganan Covid-19 telah dikeluarkan oleh Kementerian Kominfo.

Sebelumnya, Menteri Johnny mengeluarkan Keputusan Menteri Kominfo Nomor 171 Tahun 2020 tentang Penetapan Aplikasi Pedulilindungi Dalam Rangka Pelaksanaan Surveilans Kesehatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Dalam kaitan dengan layanan ini, Kepmen yang kami keluarkan juga memperhatikan bahwa data-data yang digunakan saat ini harus dipastikan aman digunakan untuk keperluan tertentu. Dan berakhir pada saat berakhirnya keadaan darurat ini," jelasnya.

Menteri Kominfo mengharapkan Layanan Sejiwa dapat memperkuat kehidupan sosial terkecil yakni keluarga.

"Sekali lagi, saya memberikan dukungan yang kuat terhadap Layanan Sehat Jiwa ini, Dan berharap layanan ini akan memberikan kontribusi yang kuat khususnya memperkuat kehidupan sosial terkecil di dalam lingkungan keluarga dalam situasi darurat kesehatan," pungkasnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini