Mampukah Asteroid Membunuh Manusia?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 29 April 2020 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 56 2206527 mampukah-asteroid-membunuh-manusia-ad2dbpMTJF.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Sebuah asteroid besar, OR2 1998 telah melewati Bumi hari ini. Meskipun berukuran besar, asteroid tersebut tidak menimbulkan dampak bahaya untuk Bumi. Pasalnya asteroid melewati Bumi dalam jarak yang cukup jauh yakni 6,3 juta km.

Dilansir dari laman National Geographic, Rabu (29/4/2020) Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengungkapkan bahwa asteroid masuk dalam golongan asteroid yang berpotensi berbahaya, lantaran akan terus membuat lintasan dekat Bumi di masa depan ketika keduanya mengorbit Matahari.

"Itu hanya asteroid besar. Ini lebih kecil dari yang diperkirakan telah menyebabkan kepunahan dinosaurus, tetapi itu mudah mampu menyebabkan banyak kerusakan," kata Ilmuwan dari Universitas Arizona, Amy Mainzer.

Untuk diketahui, ada lusinan asteroid berukuran besar yang melintas dekat Bumi setiap tahunnya. Asteroid-asteroid tersebut memiliki peluang untuk menyebabkan kehancuran bila melintas cukup dekat dengan Bumi. Asteroid yang besar mampu melenyapkan kota dan artinya memusnahkan peradaban manusia.

Para Ilmuwan di Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) pun membuat misi untuk mencegah hal tersebut terjadi. NASA berencana untuk meluncurkan Double Asteroid Redirection Test (DART) tahun depan. DART direncanakan untuk menabrak asteroid yang berbahaya agar lintasannya berhasil dibelokan.

NASA akan melakukan tes pertama pada 22 Juli 2021 dan diluncurkan dengan roket falcon 9. DART akan menabrakan pesawat ruang angkasa ke ukuran yang lebih kecil dari dua asteroid mengorbit satu sama lain.

Setiap perubahan dalam orbit objek yang lebih kecil akan mudah diukur dari Bumi dan akan memberikan indikator yang baik apakah telah berhasil dibelokkan.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini