Tips agar Kuota Tidak Boros saat Bekerja di Rumah

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 29 April 2020 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 92 2206627 tips-agar-kuota-tidak-boros-saat-bekerja-di-rumah-iqBTYHbOji.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Pemakaian kuota saat bekerja dari rumah pastinya akan membengkak. Selain untuk bekerja, internet pasti dibutuhkan untuk mencari hiburan seperti menonton film streaming hingga game.

Kebijakan bekerja dari rumah tampaknya akan terus diberlakukan hingga lebaran. Oleh karena itu, Anda perlu menyiasati bagaimana cara menghemat kuota. Berikut caranya seperti dikutip dari laman Businessinsider, Rabu (29/4/2020).

 

1. Manfaatkan Wi-Fi

Ketika Anda sesekali pergi ke tempat yang memiliki akses Wi-Fi. Manfaatkan Wi-Fi untuk memperbarui aplikasi dan mengunduh beberapa musik dan video offline. Anda juga bisa merencanakan memasang Wi-Fi atau membeli Wi-Fi portable ketika tanggungan kuota Anda sudah melebihi batas. Beberapa provider mungkin menyiapkan promo khusus untuk pemasangan. Selain itu dengan Wi-Fi jaringan akan lebih kencang dan stabil.

2. Batasi Thetering

Ketika bekerja dari rumah, Anda kemungkinan akan menjadikan ponsle sebagai hotspot laptop atau tehtering. Pemakaian tersebut tentunya akan menguras kuota data Anda lebih banyak. Lakukan thetering hany ketika Anda membutuhkannya. 

3. Kurangi Aplikasi Streaming

Bila Anda masih perlu menggunakan kuota data. Cobalah untuk mengurangi aplikasi video dan musik streaming. Kedua layanan tersebut banyak memakan kuota data Anda.

4. Hapus Aplikasi Tidak Perlu

Membatasi penggunaan data untuk aplikasi tertentu juga dapat membantu menghemat data dalam jangka panjang. Hal tersebut mampu menonaktifkan fitur yang memungkinkan aplikasi untuk menggunakan data saat sedang berjalan di latar belakang ponsel Anda, bahkan jika Anda tidak menggunakan aplikasi. Anda juga dapat menghapus sementara aplikasi yang tidak digunakan.

5. Atur Pembatasan Kuota

Anda juga dapat menetapkan batas jumlah kuota data yang digunakan pada perangkat seluler. Caranya, pergi ke menu pengaturan, pilih koneksi, kemudian penggunaan data, lalu penggunaan seluler. Dari sana, Anda dapat mengatur peringatan data sehingga Anda tahu kapan Anda kehabisan data, atau menetapkan batas lengkap pada penggunaan data seluler, sehingga perangkat Anda berhenti menggunakan data setelah titik tertentu.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini