Virtual Photoshoot Bisa Dilakukan di Rumah, Ini Caranya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 30 April 2020 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 30 92 2207096 virtual-photoshoot-bisa-dilakukan-di-rumah-ini-caranya-zzDFKvfv5B.jpg Virtual Photoshoot Ana Octarina dengan Dian Sastro (Foto: Instagram Ana Octarina)

JAKARTA - Virtual photoshoot belakangan ini sedang booming di media sosial. Melakukan kegiatan virtual photoshoot pun bisa di rumah saja.

Kegiatan ini sejatinya merupakan sesi photoshoot jarak jauh yang dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi video call Facetime. Fotografer dapat memotret objek dengan kamera smartphone maupun kamera profesional untuk hasil lebih maksimal.

Salah satu aktris dan penyanyi Indonesia, Ana Octarina belakang ini aktif mempelajari fotografi dan beberapa kali melakukan sesi virtual photoshoot. Ia pun membagikan beberapa pengalaman proses melakukan virtual photoshoot di Instagram pribadinya. 

Ana memanfaatkan Macbook dan aplikasi Facetime untuk berkomunikasi dengan subjek. Kemudian, untuk memotret ia memilih kamera Sony A7III dengan lensa zeiss 35 1.4. Menurutnya, untuk pilihan kamera bisa menggunakan apa saja.

 

Lihat postingan ini di Instagram

Virtual photoshoot kali ini bersama kak @therealdisastr ♥️ jujur aku pertama kali pas kak Dian comment di foto kak @ayladimitri aku deg-deg dan campur aduk rasanya seneng sekali :”) sudah aku idolakan dari jaman aku Sd nonton film AADC sampe hafalin dance nya juga buat perpisahan acara sekolah + sampe ikutan juga pake bandana kalo ke sekolah 🥺🥺🥺 gak nyangka banget dapet kesempatan buat fotoin kak Dian, akupun belum pernah ketemu langsung dan ternyata orangnya ramah banget 😭 Jujur seru sekali photoshoot kemarin karena kak Dian mau bekerja sama juga buat kita cari spot-spot dirumahnya dan ganti beberapa look juga 😍♥️ terima kasih ya kak Dian sudah meluangkan waktu untuk virtual photoshoot kemarin dan mempercayakan aku yang masih belajar banget tentang dunia fotografi ini ♥️ ~semangat juga ya buat teman-teman yang lagi seneng belajar fotografi. Insyallah “gak ada yang gak mungkin..” Yang penting kita niat mau latihan terus dan usaha ♥️ (btw difoto ke 9 dan 10 aku coba fotonya dengan cara screenshot, jadi gak pake kamera teman-teman.bisa juga jadi cara pilihan buat kalian coba)

Sebuah kiriman dibagikan oleh ANA (@anaoctarina) pada

Lebih lanjut, sebelum melakukan virtual photoshoot pastikan juga semuanya telah terencana dengan baik. Ana berkomunikasi dengan subjek tentang style dan beberapa spot dengan pencahayaan bagus untuk melakukan sesi virtual photoshoot. Ia juga memanfaatkan beberapa properti untuk mendukung sesi foto seperti bunga, kacamata, dan kaca.

Selain itu, Ana juga memanfaatkan beberapa peralatan yang ada di rumah seperti gelas untuk dijadikan foreground.

Ana juga menekankan bahwa salah satu hal penting ketika melakukan virtual photoshoot adalah koneksi internet yang baik.

"Intinya jangan kita kepikiran kamera aku jelek atau aku gak bisa foto atau gak bisa deh kayanya jadi modelnya. Bisa kok pasti bisa. Nikmatin aja ya prosesnya. Mau agak blur dikit, kan namanya juga virtual justru itu akan jadi pemanis," tutur dia.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini