4 Kebiasaan Buruk saat Isi Daya Ponsel yang Bikin Baterai Cepat Boros

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 30 April 2020 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 30 92 2207215 4-kebiasaan-buruk-saat-isi-daya-ponsel-yang-bikin-baterai-cepat-boros-3HNymuOk5K.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Baterai menjadi salah satu komponen paling penting pada smartphone. Tanpa baterai ponsel pastinya tidak akan menyala dan beroperasi dengan baik. Sayangnya baterai mudah rusak seiring dengan waktu.

Kebiasaan saat melakukan pengisian daya juga menjadi salah satu alasan baterai mudah rusak. Berikut beberapa kebiasaan yang membuat baterai ponsel cepat habis, seperti dikutip dari laman Android Authority, Kamis (30/4/2020).

1. Mengisi Daya Semalaman

Mengisi daya ponsel semalaman dapat mempengaruhi masa pakai baterai. Pengisian yang dilakukan terus menerus dapat menyebabkan pelapisan logam lithium, yang mengurangi stabilitas dalam jangka panjang dan dapat menyebabkan kegagalan fungsi dan reboot sistem.

Selain itu, kebiasaan tersebut akan meninggalkan baterai pada tegangan tegangan yang lebih tinggi ketika pada 100 persen. Serta dapat menciptakan kelebihan panas yang disebabkan oleh disipasi daya yang terbuang.

2. Bermain Game saat Mengisi Daya

Salah satu hal yang membuat baterai Anda cepat boros adalah muatan parasit. Ini terjadi ketika baterai sedang dikeringkan secara signifikan pada saat yang sama dengan sedang diisi, seperti menonton video atau bermain game saat pengisian daya.

Beban parasit buruk bagi baterai karena mengganggu siklus pengisian dan dapat menyebabkan siklus mini, di mana bagian dari baterai secara terus-menerus siklus dan memburuk pada tingkat yang lebih cepat daripada bagian sel lainnya.

Lebih buruk lagi, beban parasit yang terjadi ketika perangkat terisi penuh juga menyebabkan tegangan dan panas tegangan yang lebih tinggi pada baterai. Cara terbaik untuk menghindari muatan parasit adalah mematikan perangkat saat mengisi daya.

3. Tidak Memperhatikan Suhu Baterai

Suhu menjadi salah satu penyumbang utama untuk umur panjang baterai. Sama seperti tegangan tinggi, suhu tinggi menekankan baterai dan membuatnya kehilangan kapasitas jauh lebih cepat daripada ketika disimpan pada suhu yang lebih rendah.

Teknologi pengisian cepatĀ  menjadi masalah yang diperdebatkan di sini. Pasalnya arus dan voltase yang lebih tinggi pasti dapat menyebabkan perangkat yang lebih panas saat mengisi daya. Pengisian cepat tidak pernah benar-benar dibayangkan untuk pengisian siklus penuh, sebaliknya, ini adalah cara cepat untuk mengisi ulang ponsel Anda dengan cepat untuk mendapatkannya kembali di tangan Anda.

Membiarkan ponsel mengisi daya dengan cepat selama 15 hingga 20 menit tidak akan menyebabkan masalah panas berlebih, tetapi tentu pengisian cepat tidak disarankan untuk pengisian semalam.

4. Mengisi Daya saat Bateri Kosong

Sebaiknya mengisi daya pada posisi baterai 10 persen, bukan saat benar-benar ksoong. Selain itu perlu juga untuk mengisi baterai hanya 80 persen daripada 100 persen. Hal tersebut dapat memperpanjang umur baterai.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini