Bintang Tsuraya Berjarak 444 Tahun Cahaya dari Bumi

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 03 Mei 2020 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 03 56 2208400 bintang-tsuraya-berjarak-444-tahun-cahaya-dari-bumi-jW4E0rUnYK.jpg (Foto: Sky & Telescope)

JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan bahwa Tsuraya (Thuraya) atau dalam istilah astronomi populer disebut sebagai gugus bintang terbuka Pleiades.

Dalam astronomi, jarak Pleiades ke Bumi mencapai 444 tahun cahaya, artinya cahaya dari Tsuraya membutuhkan waktu 444 tahun agar sampai ke Bumi.

Pleiades terbit hampir bersamaan dengan Matahari terjadi di bulan Mei sampai dengan Juni ketika terbit saat fajar, kemudian tinggi di atas saat September-Desember, sampai kemudian tenggelam saat fajar ketika Desember, sehingga seringkali diasosiasikan sebagai penanda musim dingin bagi masyarakat di belahan Bumi utara.

Nama dalam katalog disebut sebagai Messier 45, dan anggota gugus bintang tersebut adalah bintang yang relatif muda, dengan kelas spektrum tipe B, cenderung panas, cerlang, dan berwarna kebiruan.

Bila kondisi tidak berawan, saat-saat seperti ini kita bisa mengarahkan pandangan ke arah timur saat jelang Matahari terbit, carilah rasi Taurus, dan temukan lintang Kartika di dekat rasi Taurus.

Sumber gambar pengamatan dari Gunung Timau (Pleiades) & wikipedia (peta langit) terdapat di galeri laman web www.lapan.go.id.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini