Investigasi, Tokopedia Kerjasama dengan Kominfo dan BSSN

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 04 Mei 2020 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 04 207 2209154 investigasi-tokopedia-kerjasama-dengan-kominfo-dan-bssn-USrwyhimdZ.jpg (Foto: Tokopedia/Ist)

JAKARTA - Tokopedia bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk melakukan investigasi terkait upaya pembobolan terhadap data pengguna.

"Tokopedia terus bekerja sama erat dengan para mitra strategis, antara lain Kemenkominfo dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dalam rangka melakukan investigasi menyeluruh, sekaligus meningkatkan sistem keamanan, untuk menjaga kepercayaan pengguna," kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak kepada Okezone, Senin (4/5/2020).

Ia menekankan bahwa keamanan data pengguna adalah prioritas perusahaan. "Sekali lagi kami tekankan, keamanan data pengguna adalah prioritas Tokopedia karena bisnis kami adalah bisnis kepercayaan," ujarnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate telah meminta Tokopedia melakukan tiga hal untuk menjamin keamanan data pengguna.

"Hal pertama yang harus dilakukan Tokopedia segera melakukan pengamanan sistem untuk mencegah meluasnya data breach. Kedua, memberitahu pemilik akun yang kemungkinan data pribadinya terekspos. Dan ketiga, melakukan investigasi internal untuk memastikan dugaan data breach serta apabila telah terjadi, mencari tahu penyebab data breach tersebut," paparnya.

Kementerian Kominfo juga mengimbau masyarakat tetap menjaga keamanan akun masing-masing. "Masyarakat sebaiknya rutin mengganti password dan tidak mudah percaya dengan pihak lain yang meminta password maupun kode OTP," tandas Menteri Kominfo.

Menurut Menteri Johnny, password dan OTP hanya dibutuhkan oleh sistem. "Jadi kalau ada permintaan password atau OTP dari perseorangan, sudah dipastikan itu penipuan," tandasnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini