Share

Penjelasan Sains Mengapa Seseorang Bisa Lupa Password

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 04 Mei 2020 20:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 04 56 2209124 penjelasan-sains-mengapa-seseorang-bisa-lupa-password-QUjRg50M2s.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti Rutgers University-New Brunswick seseorang dapat lupa password karena beberapa faktor. Beberapa diantaranya yakni bergantung pada pentingnya kata sandi dan seberapa sering mereka menggunakannya.

Dilansir dari laman Phys, Senin (4/5/2020) password berbasis teks kabarnya lebih sulit untuk diingat. Kebanyakan orang juga memilih untuk menggunakan password yang sederhana, namun tidak aman. Seperti misalnya urutan angka dan huruf.

Studi ini juga menemukan bukti bahwa memori manusia secara alami beradaptasi berdasarkan perkiraan seberapa sering kata sandi akan dibutuhkan. Password yang sering digunakan cenderung tidak akan terlupakan, dan perancang sistem perlu mempertimbangkan bagaimana memori bekerja dari waktu ke waktu.

Temuan utama peneliti menunjukkan bahwa lupa kata sandi selaras dengan salah satu teori psikologi memori yang menjadikan beberapa orang mengalami frustasi. Penelitian yang dikaji oleh para peneliti di Rutgers New Brunswick dan Aalto University di Finlandia secara resmi dipublikasikan bulan lalu pada Simposium Keamanan USENIX ke-27 di Baltimore, Maryland.

Simposium konferensi internasional tier-1 meliputi kemajuan praktis yang baru dan signifikan secara ilmiah dalam keamanan komputer. USENIX adalah asosiasi keanggotaan teknis pertama yang menawarkan akses terbuka ke penelitian, dengan berbagai acara yang meliputi sysadmin, keamanan, sistem, dan banyak lagi.

Simposium Keamanan USENIX menyatukan para peneliti, praktisi, administrator sistem, programer, dan siapa pun yang tertarik dengan kemajuan terbaru dalam keamanan dan privasi sistem dan jaringan komputer.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini