Tips Membuat Kata Sandi yang Kuat, Cegah Peretasan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 04 Mei 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 04 92 2209074 tips-membuat-kata-sandi-yang-kuat-cegah-peretasan-x4kFrX2jXG.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Menurut sebuah studi kata sandi paling umum digunakan yakni "123456" dan "password". Kata sandi yang sederhana tersebut mungkin akan mempermudah pengguna. Namun, kata sandi yang sederhana akan membuat akun Anda mudah diretas. Untuk itu, Anda perlu trik untuk membuat sandi yang kuat. Berikut triknya seperti dikutip dari laman Mentalfloss, Senin (4/5/2020).

1. Jangan Gunakan Kata-Kata yang Familier

Ketika memilih password, gunakan kata sandi yang panjang dan acak. Lebih bagus lagi ketika kombinasi huruf yang Anda gunakan tidak ada di kamus dan tidak ada dalam literatur yang diterbitkan.

2. Gunakan Simbol, Angka, Huruf Besar, dan Huruf Kecil

Secara acak mencampur simbol dan angka dengan huruf. Anda dapat mengganti nol untuk huruf O atau @ untuk huruf A , misalnya. Jika kata sandi Anda adalah frasa, pertimbangkan untuk menggunakan huruf kapital huruf pertama dari setiap kata baru, yang akan lebih mudah Anda ingat.

3. Hindari Gunakan Data Pribadi

Jika ada informasi tentang Anda yang mudah ditemukan seperti hari ulang tahun, hari jadi, alamat, kota lahir, sekolah tinggi, dan nama kerabat dan hewan peliharaan Anda . Lebih baik tidak memasukkannya ke dalam kata sandi Anda. Hal tersebut membuat kata sandi Anda lebih mudah ditebak.

 

4. Gunakan Password Manager

Pengelola kata sandi adalah layanan yang menghasilkan dan menyimpan kata sandi kuat secara otomatis atas nama Anda. Kata sandi ini disimpan di lokasi terenkripsi dan terpusat, yang dapat Anda akses dengan kata sandi utama.

5. Ganti Password Secara Berkala

Semakin sensitif informasi Anda, semakin sering Anda harus mengubah kata sandi. Setelah diubah, jangan gunakan kata sandi itu lagi untuk waktu yang sangat lama.

Peretas dapat terus mencoba memecahkan kata sandi Anda, tidak peduli seberapa kuat Anda membuatnya. Sehingga ganti password Anda secara berkala.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini