Share

Tumblr Hapus Jutaan Reblog yang Mengandung Ujaran Kebencian

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 05 Mei 2020 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 05 207 2209603 tumblr-hapus-jutaan-reblog-yang-mengandung-ujaran-kebencian-vSsjr6wMCq.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Tumblr telah menghapus jutaan reblog (semacam retweet pada Twitter) karena telah menyebarkan ujaran kebencian. Dalam sebuah posting, perusahaan mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini telah menghapus 4,47 juta posting yang me-reblog konten dari hampir seribu blog terkait Nazi yang telah dibekukan dan dihapus.

Dilansir dari laman Engadget, Selasa (5/5/2020) Tumblr menjelaskan bahwa sebagian besar ujaran kebencian yang ada di situsnya hidup sebagai reblog bahkan setelah dihapus pada blog aslinya. Di masa depan, Tumblr akan mengevaluasi blog yang ditangguhkan karena ujaran kebencian dan memutuskan apakah menghapus secara massal reblog dari mereka adalah tindakan terbaik.

Perusahaan menulis dalam posnya bahwa ia berkonsultasi dengan kelompok luar dan para ahli sebelum membuat keputusan tersebut. Dan karena beberapa pasti akan melihat langkah itu sebagai bentuk penyensoran, perusahaan terlebih dahulu memberikan penjelasan.

“Kami adalah, dan akan selalu tetap, orang-orang percaya yang teguh dalam kebebasan berbicara. Tumblr adalah tempat di mana Anda bisa menjadi diri sendiri dan mengekspresikan pendapat Anda. Ujaran kebencian tidak kondusif untuk itu. Ketika pidato kebencian tidak terkendali, pada akhirnya akan membungkam suara-suara yang menambah kebaikan dan nilai bagi masyarakat kita. Itu bukan jenis Tumblr yang kita inginkan,"kata pihak Tumblr.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini