Tips Menjaga Akun Media Sosial agar Tidak Diretas

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 05 Mei 2020 18:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 05 92 2209667 tips-menjaga-akun-media-sosial-agar-tidak-diretas-oEBvvWxukQ.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Media sosial sekarang ini tidak menjadi sekedar gaya hidup. Bahkan media sosial sekarang ini menjadi bagian penting dari bisnis. Untuk itu penting untuk menjaga keamanan akun agar tidak diserang peretas.

Peretas dapat mengambil alih akun Anda hingga mengirimkan tautan berisi malware ke pengikut Anda. Hal tersebut tidak hanya merugikan Anda pastinya, namun orang lain. Berikut beberapa cara agar akun media sosial Anda aman dari peretasan, seperti dilansir dari laman Entrepreneur, Selasa (5/4/2020).

1. Selektif dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Saat Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga (seperti penjadwal pos media sosial), Anda harus berhati-hati. Pasalnya aplikasi akan memerlukan akses ke akun Anda. Pastikan Anda menggunakan aplikasi yang sah untuk mendapatkan akses. Dan pastikan untuk membaca detail dari apa sebenarnya apa saja yang diinginkan aplikasi tertentu untuk mendapatkan akses.

Beberapa aplikasi hanya akan memerlukan izin minimum, seperti kemampuan membaca dan memposting konten, jadi selalu baca peringatan sebelum memberikan akses.

2. Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Dalam memilih kata sandi sebaiknya memilih yang rumit dan susah diingat. Meskipun itu sedikit merepotkan, namun dapat memastikan akun Anda aman. Pasalnya password dengankata-kata atau urutan angka yang mudah diingat rentan terserang hacker. Seperti yang dialami pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, ia pernah diretas karena memilih kata sandi yang sederhana.

Selain itu tool seperti How Secure Is My Password akan membantu Anda menilai kekuatan kata sandi Anda. Sebagai contoh, ia mengatakan akan membutuhkan komputer 552 kuadriliun tahun untuk memecahkan kata sandi "Secure100Password3!". Kata sandi tersebut terdiri dari huruf besar kecil, angka, dan simbol.

 

3. Instal Perangkat Anti Virus

Banyak penyedia layanan internet (ISP) akan menyediakan beberapa bentuk perlindungan keamanan. Anda dapat membandingkan ISP lokal untuk melihat apakah ada opsi yang lebih baik tersedia di daerah Anda, atau Anda dapat menginstal program antivirus, seperti AVG, yang memang menawarkan versi gratis. Memang disarankan untuk membeli versi Pro. Akan tetapi jika Anda memiliki biaya untuk membelinya versi gratis pasti lebih baik daripada tidak ada perlindungan sama sekali.

 

4. Aktifkan Otentikasi Dua Faktor

Otentikasi dua faktor mengkonfirmasi identitas pengguna dengan memanfaatkan kombinasi dua komponen berbeda, biasanya kata sandi akun dan kode konfirmasi, yang dikirimkan kepada pengguna melalui pesan teks atau email. Sejujurnya, siapa pun yang tidak memanfaatkan fitur ini kemungkinan akan mendapatkan masalah.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini