Tips Cegah Peretasan Akun Instagram, Perhatikan 4 Hal Ini

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 06 Mei 2020 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 06 92 2210140 tips-cegah-peretasan-akun-instagram-perhatikan-4-hal-ini-GZtvonhyqE.jpg Ilustrasi Instagram (Foto: Ist)

JAKARTA- Peretasan akun media sosial kerap kali terjadi termasuk di Instagram. Peretas biasanya mengincar akun bisnis atau akun yang memiliki banyak follower. Mereka dapat mengendalikan akun Instagram Anda hingga mengirimkan tautan berbahaya pada pengikut Anda. Berikut beberapa tips untuk mencegah akun Anda diretas, seperti dikutip dari laman Thrive Global, Rabu (6/5/2020).

1. Hati-hati dengan Akun Palsu

Berhati-hatilah pada akun palsu yang mungkin mengandung bot atau alat peretasan. Akun tersebut mengikuti akun Instagram acak dengan harapan mendapatkan akses ke kata sandi mereka. Pastikan juga untuk tidak membuka direct message (DM) yang dikirimkan oleh akun palsu. Pasalnya DM dapat memuat alat dan program peretasan melacak kata sandi Anda dan informasi masuk yang menyediakan akses ke peretas.

2. Jangan Ikuti Profil Mencurigakan

Ada banyak cara untuk menemukan profil yang mencurigakan meskipun mungkin diberi nama sesuai dengan bintang film favorit Anda. Ini sebenarnya adalah salah satu cara paling umum peretas masuk ke akun dan profil Anda. Sederhananya, jika Anda tidak tahu orang atau profil yang baru saja mengikuti Anda, pastikan untuk tidak mengikuti mereka kembali.

Beberapa pengidentifikasi karakteristik untuk profil mencurigakan ini adalah biasanya mereka tidak akan begitu aktif dengan posting terbaru sejak beberapa bulan yang lalu. Lalu jumlah pengikut mereka mungkin terlalu rendah atau bahkan tidak sama sekali. Terakhir, kemungkinan tidak ada gambar profil apa pun di profil mereka atau dapat berupa selebritas yang Anda sukai.

3. Buka Tautan Eksternal dengan Hati-hati

Risiko peretasan lainnya adalah membuka tautan eksternal yang mencurigakan. Profil belanja dengan setiap jenis produk dapat memiliki alat retas yang tertanam di dalamnya. Saat Anda mengetuk bagian atas, arloji, penutup ponsel, atau tautan barang lain, Anda dapat dipindahkan ke tautan eksternal. Tautan eksternal ini mungkin atau mungkin tidak meminta Anda untuk memasukkan detail login Anda.

Dalam kedua kasus, kode berbahaya di tautan eksternal tersebut dapat meretas kata sandi dan detail login Anda. Peretas dapat mengakses informasi itu dari sistem mereka dan mendapatkan kendali penuh atas akun Anda. Anda hanya harus membuka tautan eksternal untuk halaman dan profil yang Anda percayai dan tidak ada yang tidak dipercaya sama sekali.

4. Hindari Tampilan Posting Instagram dari Platform Lain

Biasanya, saat menjelajah Internet dari Google Chrome atau browser lain, Anda dapat diarahkan ke posting atau gambar Instagram tertentu. Ini mungkin terdengar tidak berbahaya dan sangat ramah menunjukkan kepada Anda postingan yang ingin Anda lihat. Tetapi, pada kenyataannya, ini adalah taktik yang digunakan oleh peretas untuk meretas detail login Anda.

Cukup sering, mengetuk tautan palsu ini, Anda dapat diminta untuk memasukkan kembali detail login Anda. Orang biasa yang tidak tahu apa-apa tentang peretasan dan mudahnya hal itu dapat dilakukan akan segera memasukkan detail login mereka.

Halaman login ini dapat terlihat seperti halaman login Instagram biasa tetapi pada kenyataannya bisa menjadi perangkat lunak yang dioperasikan oleh peretas. Setelah Anda memasukkan detail Anda di halaman ini, peretas akan memiliki salinannya secara instan.

Anda harus menghindari tautan tidak langsung ke akun Instagram Anda. Bahkan ketika mereka tidak meminta Anda untuk informasi login, mereka masih dapat memiliki kode yang mengungkapkan kata sandi Anda kepada peretas.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini