Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perbedaan Asteroid, Meteor dan Komet?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 07 Mei 2020 13:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 05 07 56 2210533 perbedaan-asteroid-meteor-dan-komet-dBD2M6sea9.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Miliaran benda langit telah menghiasi luar angkasa, beberapa diantaranya yakni meteor, komet, dan asteroid. Ketiga benda tersebut berbeda dan memiliki ciri masing-masing. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasannya untuk Anda seperti dikutip dari laman Mercury News, Kamis (7/5/2020).

1. Meteor

Meteor merupakan penampakan jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer Bumi. Peristiwa tersebut biasanya dikenal dengan hujan meteor atau bintang jatuh.

Hujan meteor merupakan fenomena cahaya yang melintas di langit. Lintasan cahaya itu muncul akibat adanya gesekan antara atmosfer Bumi dengan meteoroid yang datang dari luar atmosfer Bumi.

Gesekan ini mengakibatkan panas yang menghancurkan meteoroid tersebut dan menghasilkan panas dan cahaya yang muncul dalam bentuk lintasan di langit

2. Komet

Sementara itu komet merupakan sebongkah benda luar angkasa yang mengandung es, batu, serta serpihan debu. Ukuran diameter komet yaitu beberapa mil.

Benda ini juga mengorbit matahari, puing-puing komet adalah sumber dari terbentuknya banyak meteor dalam jumlah besar

3. Asteroid

Lebih lanjut, asteroid memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan meteor yang mengorbit matahari. Asteroid terbentuk dari batu atau logam. Benda langit yang lebih besar dari ukuran 10 meter kerap dinamakan asteroid.

Biasanya asteroid terdiri dari sebutir pasir atau batu besar yang dinamakan meteorit.

Selain ketiga benda tersebut, di luar angkasa masih ada beberapa benda lainnya seperti meteor. Benda ini berhasil menghantam planet tanpa melaui proses pembakaran di atmosfer.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini