Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Tentang Asteroid yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 07 Mei 2020 16:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 07 56 2210634 fakta-tentang-asteroid-yang-mungkin-belum-anda-ketahui-bGwyxLYni0.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Asteroid merupakan batuan luar angkasa yang berputar mengelilingi Matahari, namun terlalu kecil untuk disebut planet. Batuan luar angkasa ini juga dikenal sebagai planetoid atau planet kecil.

Dilansir dari laman Space, Kamis (7/5/2020) terdapat jutaan asteroid dengan ukuran mulai dari ratusan mil hingga beberapa kaki. Sebagian besar asteroid memiliki ukuran yang lebih kecil dari ukuran Bulan.

Meskipun demikian, beberapa asteroid memiliki potensi berbahaya. Bahkan banyak dari asteroid di masa lalu yang telah menabrak Bumi dan kemungkinan ada lebih banyak lagi yang akan menabrak Bumi di masa depan. Itulah salah satu alasan para ilmuwan mempelajari asteroid dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang jumlah, orbit, dan karakteristik fisik mereka.

Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bahkan telah menyusun misi Double Asteroid Redirection Test (DART) yang akan diluncurkan pada 22 Juli 2021 dengan roket falcon 9. Pesawat luar angkasa dengan bobot 500 kg tersebut akan menabrak salah satu asteroid raksasa.

Asteroid merupakan sisa dari pembentukan tata surya kita sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu. Awalnya, kelahiran Jupiter mencegah terbentuknya benda-benda planet di celah antara Mars dan Jupiter, menyebabkan benda-benda kecil yang ada di sana saling bertabrakan dan terpecah menjadi asteroid yang terlihat hari ini.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini