4 Tips Mencegah Kabel Earphone Mudah Kusut dan Rusak

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 07 Mei 2020 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 07 92 2210428 4-tips-mencegah-kabel-earphone-mudah-kusut-dan-rusak-J2Q6N9rBLY.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Earphone menjadi barang wajib untuk mendengarkan musik, menonton video, hingga menelepon. Dengan earphone kita dapat lebih fokus dan berharap kebisingan disekitar tidak mengganggu konsentrasi.

Sayangnya earphone kerap kali rusak karena kabel yang kusut karena terlilit atau earbud yang lepas. Tahukah Anda bahwa kebiasaan menyimpan dan menggunakan earphone yang salah bisa menjadi pemicunya. Berikut Okezone rangkum beberapa tips untuk Anda agar earphone tidak mudah rusak.

1. Hindari Meletakan Earphone Sembarangan

Kebiasaan menaruh earphone sembarangan kerap kali kita lakukan baik itu saku celana dan diletakkan begitu saja di dalam tas.

Sembarangan menaruh earphone menyebabkan kabel dapat tertarik, tertiban benda lain, kusut dan lainnya. Pastikan meletakan di tempat yang aman atau wadah khusus sehingga earphone Anda bisa lebih awet.

2. Tidak Menggulung Kabel Earphone

Untuk memudahkan menaruh earphone di dalam tas biasanya kita menggulungnya sembarangan. Cobalah untuk menggulungnya dengan benar atau memberi aksesoris penjepit agar lebih rapi. Hal tersebut dilakukan demi mencegah kerusakan pada kabel atau mencegah kabel mudah kusut.

3. Jangan Mendengarkan Musik Terlalu Keras

Apabila berada di keramaian, mungkin Anda menaikan volume suara di tingkat maksimal sehingga suara makin terdengar. Ketahuilah bahwa apabila ini sering dilakukan, maka dapat membuat komponen earphone mudah rusak dan suaranya menjadi tidak jernih.

 

4. Rajin Bersihkan Earphone

Earphone mudah kotor, apalagi bila sering digunakan. Maka perlu untuk menjaga kebersihannya. Pengguna bisa memanfaatkan disinfektan dan air hangat, lalu menggunakan kapas untuk mengelap bagian luar earphone secara menyeluruh.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini