6 Cara Rawat Mouse Komputer saat Work From Home

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 07 Mei 2020 18:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 07 92 2210689 6-cara-rawat-mouse-komputer-saat-work-from-home-CPFq6AST34.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Mouse menjadi bagian penting untuk menggerakkan kursor pada komputer. Di tengah pandemi sekarang ini kegunaan mouse pastinya sangat penting untuk membantu Anda bekerja dari rumah.

Kesal rasanya ketika mouse yang akan Anda gunakan rusak. Untuk itu Anda perlu rajin merawat mouse selama bekerja dari rumah (work from home), berikus ulasannya untuk Anda.

 

1. Jauhkan Cairan dari Mouse

Anda mungkin kerap kali menaruh minuman di dekat meja kerja. Hal tersebut cukup rawan, dimana minuman dapat mengenai mouse hingga perangkat komputer Anda. Cairan yang mengenai perangkat elektronik tentu berbahaya.

2. Perhatikan Cara Menggulung Kabel

Ada jenis mouse yang didesain menggunakan kabel dan yang nirkabel. Untuk mouse yang memiliki kabel, pengguna disarankan untuk berhati-hati saat menggulungnya. Disarankan kepada pengguna untuk memakai mouse nirkabel yang kini banyak beredar.

3. Tidak Mengklik Mouse Terlalu Dalam

Terkadang pengguna dikejar deadline dan harus bekerja dengan cepat. Pada suatu kondisi mungkin pengguna akan menekan tombol mouse terlalu dalam, maka hal ini harus dihindari untuk menjaga agar mouse tetap awet serta berfungsi normal.

4. Bersihkan Mouse Optik

Mouse modern saat ini sudah mengusung standar optik, di mana perangkat mengeluarkan cahaya merah di bagian bawah mouse. Pengguna disarankan untuk membersihkan mouse optik secara berkala. Bersihkan dari debu dan kotoran menggunakan cotton bud.

5. Tidak Mencabut dan Colok USB Sesering Mungkin

Pengguna apabila hanya menggunakan laptop misalnya hanya untuk memindahkan file data, maka penggunaan mouse mungkin bisa dihindari. Mencabut atau mencolok USB terlalu sering dikhawatirkan bisa merusak port USB.

6. Pakailah Mouse Sewajarnya

Terlalu lama menggunakan mouse bisa memperpendek umur mouse. Serupa dengan komputer, mouse juga perlu diistirahatkan bila tidak benar-benar digunakan.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini