Cara Mencegah Ponsel Meledak

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 07 Mei 2020 20:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 07 92 2210704 cara-mencegah-ponsel-meledak-m78Bjm621w.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Ponsel dapat meledak karena beberapa alasan. Biasanya disebabkan oleh baterai atau charger yang tidak sesuai. Dikutip dari laman How to Geek, Kamis (7/5/2020) sebelum baterai meledak dan menimbulkan percikan api. Baterai mengalami proses yang disebut thermal runaway.

Baterai Lithium-ion mengandung satu ton sel Li-ion yang masing-masing selnya memiliki titik didih. Ketika titik didih tercapai karena panas eksternal, maka baterai mengalami kerusakan eksotermik. Pada dasarnya, sel itu sendiri mulai melepaskan satu ton panas

Mencegah Ponsel Meledak

Ada beberapa faktor eksternal yang menyebabkan panas, seperti ketika Anda meninggalkan ponsel di dalam mobil. Panas yang terlalu banyak dapat merusak baterai.

Saat baterai Lithium-ion berada pada suhu tinggi, sel-selnya menjadi tidak stabil. Baterai akan memasuki gangguan eksotermik dan akan menghasilkan gas seperti oksigen dan karbon dioksida.

Gas-gas ini dapat menyebabkan baterai mengembang seperti balon, yang menciptakan energi yang dapat menyebabkan ledakan atau membahayakan struktur baterai.

Secara alami, proses ini dapat mempercepat jika Li-ion sedang diisi sementara pada suhu eksternal yang tinggi. Itu sebabnya sebagian besar ponsel akan menghentikan proses pengisian daya atau mati jika terlalu panas.

Selain itu, gunakan perangkat pengisian bawaan atau bersertifikat. Secara umum, pengisi daya apa pun akan berfungsi dengan perangkat apa pun. Kabel micro-USB lama atau murah akan bekerja dengan ponsel yang lebih baru, dan charger super cepat baru akan bekerja dengan perangkat lama.

Akan tetapi, Anda mungkin harus tetap menggunakan pengisi daya yang dapat diandalkan atau pengisi daya yang disertifikasi oleh produsen ponsel Anda.

Pengisi daya yang murah atau tidak bersertifikat dapat menghasilkan panas berlebih dan merusak baterai ponsel. Biasanya, kerusakan ini terjadi dalam jangka waktu yang lama, dan ini menyebabkan "gelembung" atau baterai pendek di baterai ponsel Anda. Sekali lagi, kerusakan mekanis yang lambat seperti ini hampir selalu akan merusak ponsel Anda sebelum bisa terbakar.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini