Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Google Rilis Aplikasi Bantu Anak-Anak Belajar Membaca

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 08 Mei 2020 11:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 05 08 207 2210922 google-rilis-aplikasi-bantu-anak-anak-belajar-membaca-E7iKYtk7y9.jpg (Foto: Google/Neowin)

JAKARTA - Google menciptakan aplikasi yang didesain untuk membantu anak-anak belajar membaca. Aplikasi ini kabarnya tersedia sebagai akses awal di lebih dari 180 negara, dikutip Neowin.

Aplikasi ini awalnya dirilis di India pada Maret tahun lalu dengan nama "Bolo". Rilis global aplikasi ini memperkenalkan nama baru dengan sebutan Read Along.

Google mengumumkan peluncuran Read Along pada perangkat Android, tersedia untuk diunduh untuk anak-anak berusia lima tahun ke atas. Aplikasi menampilkan fitur tutor membaca bernama Diya.

Menggunakan teknologi text-to-speech dan speech recognition Google, alat ini berfungsi untuk memberikan umpan balik verbal dan visual kepada anak-anak saat mereka membaca cerita dengan keras.

Ketika menemukan bahwa pembaca mengalami kesulitan membaca teks, Diya menawarkan "umpan balik positif dan penguatan". Anak-anak juga dapat mengetuk Diya jika mereka perlu bantuan mengucapkan kata.

Selain cerita, Read Along juga menampilkan permainan dalam aplikasi di mana anak-anak dapat mengumpulkan bintang dan lencana bersama dengan kemajuan membaca mereka. Ini dimaksudkan agar mereka tetap tertarik pada cerita yang mereka baca.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini