Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ilmuwan Temukan Lubang Hitam Dekat Bumi

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 09 Mei 2020 06:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 08 56 2211166 ilmuwan-temukan-lubang-hitam-dekat-bumi-cY7IrtTClf.jpg Ilustrasi Lubang Hitam (Foto: BBC)

JAKARTA - Ilmuwan berhasil temukan lubang hitam dekat Bumi. Jaraknya sekitar 1.000 tahun cahaya. Setiap tahun cahaya berjarak 5,88 triliun mil. Jarak tersebut mungkin terdengar jauh, namun sebenarnya dekat.

Dilansir dari laman BBC, Sabtu (9/5/2020) para ilmuwan menemukan lubang hitam tersebut dari caranya berinteraksi dengan dua bintang, salah satu bintang tersebut mengorbit lubang hitam.

Lubang hitam memang kerap kali ditemukan dari cara mereka berinteraksi dengan piringan gas dan debu yang bertambah.

Saat mereka merobek materi ini, sinar-X yang berlebihan dikeluarkan. Ini adalah sinyal berenergi tinggi yang dideteksi oleh teleskop, bukan lubang hitam itu sendiri.

Temuan ilmuwan kali ini memang bukan kasus yang biasa karena ditemukan dari gerakan bintang-bintang, yang salah satunya dikenal HR6819.

"Kami pikir ini mungkin kasus pertama di mana lubang hitam telah ditemukan dengan cara ini. Dan tidak hanya itu, itu juga yang paling dekat dari semua lubang hitam, termasuk yang bertambah," astronom emeritus di organisasi European Southern Observatory (ESO) di Garching, Jerman, Dietrich Baade.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini