Share

Studi Ungkap Pengaruh Vitamin D Terhadap Tingkat Kematian Covid-19

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 10 Mei 2020 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 10 56 2211693 studi-ungkap-pengaruh-vitamin-d-terhadap-tingkat-kematian-covid-19-DeP3E334Oy.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa tingkat rata-rata vitamin D yang rendah mempengaruhi peningkatan kematian Covid-19. Hal tersebut berdasarkan data dari 20 negara di Eropa.

Dilansir dari laman Tech Explorist, Sabtu (9/5/2020) vitamin D mengatur respons sel darah putih, mencegahnya melepaskan sejumlah besar sitokin inflamasi. Virus Covid-19 diketahui menyebabkan kelebihan sitokin proinflamasi.

Italia dan Spanyol menjadi dua negara di Eropa yang telah melaporkan kasus virus corona yang lebih tinggi. Sebuah penelitian melaporkan bahwa pasien di kedua negara memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah daripada negara-negara Eropa utara.

Tingkat rata-rata tertinggi vitamin D ditemukan di Eropa utara, karena konsumsi minyak ikan cod dan suplemen vitamin D, dan sinar matahari. Negara-negara Skandinavia adalah di antara negara-negara dengan jumlah kasus Covid-19 terendah di Eropa.

“Kami menemukan hubungan yang signifikan antara rata-rata kadar vitamin D dan jumlah kasus Covid-19, dan khususnya tingkat kematian Covid-19, per kepala populasi di 20 negara Eropa," kata Pembaca Aktivitas Fisik dan Kesehatan Masyarakat di Universitas Anglia Ruskin, Lee Smith.

Smith menambahkan bahwa vitamin D telah terbukti melindungi infeksi pernapasan akut.

"Serta melindungi orang dewasa yang lebih tua, kelompok yang paling kekurangan vitamin D, juga yang paling parah terkena dampak Covid-19," tambah Smith.

Ia melanjutkan sebuah studi sebelumnya menemukan bahwa 75% orang di lembaga, seperti rumah sakit dan rumah perawatan, sangat kekurangan vitamin D.

"Kami menyarankan untuk melakukan penelitian khusus melihat tingkat vitamin D pada pasien COVID-19 dengan derajat berbeda. keparahan penyakit," tambahnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini