Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ilmuwan Temukan Hewan yang Bisa Hidup Tanpa Oksigen

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 11 Mei 2020 11:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 11 56 2212148 ilmuwan-temukan-hewan-yang-bisa-hidup-tanpa-oksigen-MFJRFzhArk.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Para ilmuwan telah menemukan parasit yang dapat hidup tanpa oksigen. Hal tersebut menjadi salah satu temuan yang mengubah pandangan ilmuwan tentang dunia hewan.

Dilansir dari laman Hindustan Times, Senin (11/5/2020) parasit tersebut merupakan Henneguya Salminicola yang hidup pada ikan salmon.

Menurut salah satu tim peneliti dan profesor di Universitas Tel Aviv (TAU), Israel, Dorothee Huchon temuan tersebut merupakan yang pertama kali di dunia.

“Penemuan kami menunjukkan bahwa evolusi dapat berjalan ke arah yang aneh. Pernafasan aerobik adalah sumber energi utama, namun kami menemukan seekor binatang yang melepaskan jalur kritis ini,” kata Huchon.

Saat meneliti genom Henneguya, Huchon menemukan bahwa tidak menemukan genom mitokondria yang merupakan pembangkit tenaga sel di mana oksigen ditangkap untuk menghasilkan energi, sehingga ketidakhadirannya mengindikasikan bahwa hewan itu tidak menghirup oksigen.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini