Akun WhatsApp Diretas, Ini yang Harus Anda Lakukan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 11 Mei 2020 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 11 92 2212259 akun-whatsapp-diretas-ini-yang-harus-anda-lakukan-JgjUwlpjIg.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - WhatsApp mengimbau pengguna untuk tidak membagikan kode verifikasi atau OTP (One-Time Password) kepada orang lain, bahkan kepada teman ataupun keluarga. Ketika Anda terlanjur membagikan kode verifikasi dan kehilangan akses ke akun WhatsApp, perusahaan telah memberikan beberapa cara untuk memulihkan akun.

Pertama-tama pengguna harus memberi tahu teman dan keluarga terlebih dahulu bila nomor WhatsApp Anda diretas. Pasalnya peretas yang telah mengakses akun Anda akan menyamar sebagai Anda dan bisa saja memberikan pesan berbahaya kepada orang yang Anda kenal dan menipu mereka.

Kemudian, pulihkan akun Anda jika mengalami peretasan. Anda harus masuk ke WhatsApp dengan nomor telepon Anda dan verifikasi nomor telepon dengan memasukkan kode 6 digit yang diterima melalui SMS.

Setelah Anda memasukkan kode SMS 6 digit, orang yang menggunakan akun Anda akan dikeluarkan secara otomatis. Anda mungkin juga akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi dua langkah. Jika Anda tidak mengetahui kode tersebut, orang yang menggunakan akun Anda mungkin telah mengaktifkan verifikasi dua langkah.

"Anda harus menunggu selama 7 hari sebelum dapat masuk ke akun tanpa kode verifikasi dua langkah. Terlepas dari apakah Anda mengetahui atau tidak kode verifikasi tersebut, orang yang menggunakan akun Anda akan dikeluarkan setelah Anda memasukkan kode SMS 6 digit," tulis WhatsApp dalam akun resminya.

Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah, buka WhatsApp > Setelan/Pengaturan > Akun > Verifikasi dua langkah > Aktifkan.

Setelah mengaktifkan fitur ini, Anda juga memiliki opsi untuk memasukkan alamat email Anda. Alamat email ini akan memungkinkan WhatsApp untuk mengirimi Anda tautan via email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah jika suatu saat Anda lupa PIN enam digit Anda, dan juga untuk membantu menjaga keamanan akun Anda.

"Kami tidak memverifikasi alamat email ini untuk mengonfirmasikan akurat atau tidaknya. Kami sangat merekomendasikan Anda untuk memberikan alamat email yang akurat sehingga akun Anda tidak akan terkunci jika Anda lupa PIN Anda," jelas WhatsApp.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini