Mengenal Shiny Hunters, Hacker yang Klaim Bobol Tokopedia hingga Bhinneka

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 12 Mei 2020 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 207 2212959 mengenal-shiny-hunters-hacker-yang-klaim-bobol-tokopedia-hingga-bhinneka-o0riLKvP9Z.jpg Ilustrasi (Foto: Unsplash)

JAKARTA - Shiny Hunters belakangan ini ramai dibicarakan setelah berhasil meretas Tokopedia hingga Bhinneka. Peretas bahkan telah memperjualbelikan 91 juta akun Tokopedia dan 1,2 juta akun Bhinneka di dark web.

Dilansir dari laman scmagazine, Selasa (12/5/2020) Shiny Hunters kemungkinan merupakan kelompok peretas yang handal. Mereka bahkan mengklaim telah berhasil mencuri data repository pribadi Microsoft, GitHub, dan mengancam akan merilis kode secara gratis.

BleepingComputer melaporkan bahwa Shiny Hunters mengklaim pihkanya telah mencuri lebih dari 500GB data dari repositori Microsoft dengan maksud untuk menjualnya, tetapi sekarang mengancam secara terbuka membocorkan catatan secara gratis.

Menurut peneliti dari ZeroFOX Alpha Team, Shiny Hunters belum lama ini berhasil meretas sekira 73 juta data dari 10 situs termasuk Bhinneka. Untuk alasan tersebut, ZeroFOX menduga bahwa Shiny Hunters merupakan pemain lama gnosticplayers, namun muncul dengan nama baru.

Gnosticplayers telah dikenal karena menjual data curian di dark web dari lusinan perusahaan pada 2018 dan 2019.

"Karena verifikasi pelanggaran Tokopedia oleh banyak peneliti dan perusahaan itu sendiri, ZeroFOX Alpha Team memiliki keyakinan tinggi bahwa pelanggaran baru ini sah, dan kemungkinan besar akan tersedia di pasar pelanggaran lainnya dengan harga yang lebih murah dalam waktu dekat," kata pihak ZeroFOX.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini