April 2020, Penjualan Smartphone di China Mulai Bangkit

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 12 Mei 2020 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 207 2212996 april-2020-penjualan-smartphone-di-china-mulai-bangkit-ZFM4tZEIxo.jpg Ilustrasi (Foto: Unsplash)

JAKARTA- Data pemerintah mengungkap penjualan smartphone di China meningkat hingga 17 persen pada April 2020, dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Reuters melaporkan hal tersebut menjadi indikator bahwa kehidupan di China tampaknya mulai kembali normal, setelah melalui lockdown (penguncian wilayah) yang ketat untuk mengurangi penyebaran virus corona (Covid-19).

Akademi Teknologi Informasi dan Komunikasi China (CAICT), menyatakan bahwa ada sekitar 40,8 juta pengiriman ponsel pintar pada bulan April, dibandingkan dengan 34,8 juta pada bulan April 2019. Badan tersebut tidak mengungkapkan perbedaan antara penjualan produk Android dan Apple.

Sebelumnya, Apple dilaporkan mengalami penurunan penjualan smartphone pada Q1 2020, dengan pengiriman perusahaan Cupertino menurun menjadi satu digit. Pembuat smartphone seperti Apple dan pesaingnya tidak secara terbuka mengungkapkan pengiriman regional.

Menurut kelompok penelitian, pengiriman untuk Huawei yang berbasis di Shenzhen tidak menunjukkan perubahan besar pada kuartal tersebut, sementara pembuat smartphone Cina lainnya seperti Oppo, Vivo, dan Xiaomi mengalami penurunan volume pengiriman sebesar persentase dua digit.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini