Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Robot Menyerupai Anjing Ingatkan Physical Distancing

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 12 Mei 2020 11:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 05 12 56 2212769 robot-menyerupai-anjing-ingatkan-physical-distancing-HRFTYRUWaX.jpg (Foto: MIT Technology Review)

JAKARTA - Robot menyerupai anjing diprogram untuk dapat mendukung program physical distancing atau social distancing di Singapura. Dalam video yang diunggah BBC, robot tersebut berpatroli di sebuah taman sebagai uji coba memerangi virus corona.

Mesin ini dibuat oleh Boston Dynamics yang berbasis di Amerika Serikat (AS). Robot didukung dengan kamera untuk memonitor seberapa sibuknya Bishan-Ang Moh Kio Park.

Robot dilengkapi dengan loudspeaker untuk menyampaikan pesan social distancing. Robot tersebut bisa berjalan dengan empat kaki dan merupakan bagian dari uji coba selama dua pekan.

Boston Dynamics dikenal menciptakan robot anjing berwarna kuning. Robot ini seperti diberitakan sebelumnya mampu menarik becak bersama dengan penumpangnya.

Dilansir dari Cnet, robot anjing ini bernama SpotMini. SpotMini merupakan robot yang bergerak menggunakan tenaga listrik dan dapat berjalan hingga 90 menit.

Dalam sebuah video, Boston Dynamics meminta Adam Savage untuk menguji kemampuan robot anjing ini. Kemudian, Adam Savage mengujinya dengan menaiki sebuah becak dan kemudian ditarik oleh robot.

Pengujian dilakukan di sebuah jalan beraspal dan robot ini juga diuji untuk berjalan di jalan yang menanjak. Robot anjing kuning ini terlihat mampu menarik becak dengan baik.

Robot berkaki empat ini memiliki berat sekitar 25 kilogram dan dapat membawa beban sekitar 14 kilogram.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini