Tips Mengamankan Data Pribadi Akun E-commerce

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 12 Mei 2020 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 92 2212820 tips-mengamankan-data-pribadi-akun-e-commerce-BtrKHqfGG4.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Belakangan ini berita tentang peretasan data beberapa e-commerce di Indonesia tampak meresahkan. Banyak informasi yang kita masukan pada akun e-commerce diantaranya nomor telepon, alamat, email, dan akun pembayaran.

Untuk itu, pengguna perlu untuk berhati-hati dalamn menjaga akun agar tidak diretas. Berikut beberapa cara untuk melindungi informasi e-commerce Anda, seperti dikutip dari laman Just Ask Thales, Selasa (12/5/2020).

1. Pastikan Koneksi Anda Aman

Pertama, selalu pastikan PC Anda mutakhir dengan perlindungan anti virus dan anti spyware. Jika Anda menggunakan jaringan nirkabel, pastikan koneksi Anda aman yakni terenkripsi dengan akses yang dilindungi kata sandi dan tepercaya. Bila perlu, hindari berbelanja dari hotspot umum.

2. Berbelanja di E-commerce yang Aman

Selain koneksi yang aman, Anda juga perlu memastikan telah melakukan belanja online dengan toko yang memiliki reputasi yang baik.

3. Tingkatkan Keamanan Pembayaran

Lebih lanjut, ketika bank atau merchant Anda memberi opsi untuk menggunakan perangkat keamanan pribadi online seperti teknolohi kartu cerdas atau pembaca kata sandi satu kali (OTP) gunakanlah itu.

Pasalnya mampu memberikan tingkat perlindungan yang tinggi karena meskipun seseorang berhasil mencuri kata sandi Anda, ia tidak dapat menggunakannya karena mereka tidak memiliki perangkat keamanan. Pastikan Anda tidak, menyimpan informasi pembayaran Anda untuk pembelian di masa mendatang.

4. Gunakanlah Password yang Aman

Anda juga perlu melindungi akun e-commerce dengan kata sandi yang kuat dan aman. Jangan gunakan tanggal lahir, nama, dan alamat Anda untuk kata sandi. Pastikan kata sandi Anda tidak familier dan terdiri dari huruf besar dan kecil, angka, serta simbol. Bila Anda menggunakan beberapa akun, Anda juga perlu membedakan password tersebut agar lebih aman.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini