Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Bikin Kata Sandi yang Kuat dan Aman

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 12 Mei 2020 12:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 05 12 92 2212825 tips-bikin-kata-sandi-yang-kuat-dan-aman-wDxBDJ5plW.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Kata sandi atau password sangat penting untuk mengamankan akun digital hingga perangkat yang kita gunakan. Untuk mencegah peretasan Anda perlu menggunakan kata sandi yang aman dan kuat. Berikut trik untuk membuat kata sandi yang tidak mudah dibobol, seperti dilansir dari laman Mentalfloss, Selasa (12/5/2020).

1. Hindari Kata Sandi Sederhana

Menurut sebuah studi, kata sandi '123456' dan 'password' banyak digunakan. Ini artinya banyak dari kita yang lebih memilih kata sandi yang mudah diingat. Meskipun mudah diingat, kata sandiri semacam itu mudah diretas. Untuk itu Anda perlu menggunakan kata sandi yang panjang dan acak.

2. Campur Angka, Huruf, dan Simbol

Cara membuat sandi dengan kata acak adalah Anda dapat mencampur mencampur simbol dan angka dengan huruf. Anda dapat mengganti nol untuk huruf O atau @ untuk huruf A , misalnya. Jika kata sandi Anda adalah frasa, pertimbangkan untuk menggunakan huruf kapital huruf pertama dari setiap kata baru, yang akan lebih mudah Anda ingat.

3. Hindari Gunakan Data Pribadi

Jika ada informasi tentang Anda yang mudah ditemukan seperti hari ulang tahun, hari jadi, alamat, kota lahir, sekolah tinggi, dan nama kerabat dan hewan peliharaan Anda . Lebih baik tidak memasukkannya ke dalam kata sandi Anda. Hal tersebut membuat kata sandi Anda lebih mudah ditebak.

 

4. Ganti Password Secara Berkala

Semakin sensitif informasi Anda, semakin sering Anda harus mengubah kata sandi. Setelah diubah, jangan gunakan kata sandi itu lagi untuk waktu yang sangat lama.

Peretas dapat terus mencoba memecahkan kata sandi Anda, tidak peduli seberapa kuat Anda membuatnya. Sehingga ganti password Anda secara berkala.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini