Tips Cegah Kuota Boros saat Konferensi Video

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 12 Mei 2020 16:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 92 2212995 tips-cegah-kuota-boros-saat-konferensi-video-vVxnwaqupY.jpg Ilustrasi (Foto: Unsplash)

JAKARTA- Rapat jarak jauh dengan aplikasi video konferensi belakangan ini marak dilakukan. Salah satunya dengan aplikasi Zoom. Video konferensi memudahkan orang-orang dapat terhubung untuk belajar hingga bekerja. Namun Anda juga perlu hati-hati agar kuota data tidak tersedot.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menghemat kuota data saat menggunakan aplikasi video konferensi Zoom, seperti dikuti dari laman Cornell, Selasa (12/5/2020)

Pertama-tama, cek terlebih dahulu apakah Anda telah mengaktifkan resolusi HD, jika iya, matikan resolusi HD. Pasalnya resolusi HD memerlukan lebih banyak data.

Kemudian, mematikan kamera adalah langkah yang tepat untung mengurangi jumlah data. Anda bisa mencoba hal tersebut ketika tidak ada rapat yang begitu penting.

Selain itu Anda juga dapat menonaktifkan suara jika sedang tidak berbicara untuk mengurangi data yang terkuras. Gunakan tombol bungkam/mute di sudut kiri bawah layar Zoom untuk mengaktifkan dan menonaktifkan audio Anda.

Terakhir, tingkatkan keseluruhan kinerja Zoom Anda dengan tidak menjalankan aplikasi lain selama rapat yang mungkin juga menggunakan sebagian besar bandwidth Anda. Contoh program intensif data mungkin termasuk streaming video atau situs musik.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini