Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Studi Baru Ungkap Tidak Ada Harapan Hidup di Mars

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 13 Mei 2020 14:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 05 13 56 2213446 studi-baru-ungkap-tidak-ada-harapan-hidup-di-mars-YixJcRBhKA.jpeg Ilustrasi (Foto: Unsplash)

JAKARTA - Dari semua planet di tata surya, Mars dianggap menjadi salah satu planet yang dapat mendukung kehidupan di luar Bumi. Namun, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa Mars tampaknya tidak dapat mendukung kehidupan sama sekali.

Dilansir dari laman BGR, Rabu (13/5/2020) keraguan tersebut muncul ketika penelitian mengungkap bahwa air di Mars yang dipercaya mampu mendukung kehidupan, mengandung banyak garam dan meningkatkan titik beku di planet merah tersebut.

Untuk menentukan kemungkinan genangan air dapat mendukung kehidupan di Mars, para peneliti membangun model atmosfer berdasarkan apa yang sudah kita ketahui tentang planet ini. Kemudian menggunakan iklim yang disimulasikan, mereka menguji apakah genangan air asin dapat bertahan untuk jangka waktu yang lama. Sayangnya, data menunjukkan arah kehidupan yang berlawanan.

"Kami menggunakan informasi iklim Mars dari model atmosfer dan pengukuran pesawat ruang angkasa. Kami mengembangkan model untuk memprediksi di mana, kapan dan berapa lama air asin stabil di permukaan dan permukaan bawah Mars yang dangkal," kata salah satu tim peneliti, Dr. Alejandro Soto.

Hasil penelitian menunjukkan, di bawah kondisi yang paling menguntungkan, genangan air yang mengandung banyak garam tersebut hanya akan stabil di permukaan planet selama waktu-waktu tertentu dalam setahun.

"Bahkan kehidupan ekstrem di Bumi memiliki batasnya, dan kami menemukan bahwa pembentukan air garam dari beberapa garam dapat menyebabkan air cair lebih dari 40% dari permukaan Mars tetapi hanya musiman, selama 2% dari tahun Mars. Ini akan menghalangi kehidupan seperti yang kita tahu," kata Soto.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini