Berapa Jumlah Sampah Antariksa Saat Ini?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 13 Mei 2020 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 13 56 2213688 berapa-jumlah-sampah-antariksa-saat-ini-3kh0oT1oNX.jpg (Foto: Euronews)

JAKARTA - Sampah antariksa menjadi isu internasional. Sampah antariksa ini bisa berpotensi merusak atau mengganggu satelit yang masih beroperasi.

Dikutip dari situs resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), seiring semakin populernya teknologi antariksa di berbagai negara, jumlah benda antariksa buatan pun terus meningkat.

Jika kita membatasi pada benda-benda berukuran 10 cm ke atas maka jumlahnya saat ini diperkirakan telah mencapai lebih dari 34 ribu. Sebagian besar benda-benda ini bisa diamati dengan baik sehingga bisa dibuat katalog orbitnya.

Benda dalam katalog orbit bisa diproyeksi di mana lokasinya di masa depan sehingga antisipasi bisa dilakukan sekiranya diperkirakan tabrakan akan terjadi. Hingga Februari 2020, jumlah benda yang ukurannya antara 1 hingga 10 cm diperkirakan sebanyak 900 ribu.

Adapun benda berukuran antara 1 mm hingga 1 cm diperkirakan sebanyak 128 juta. Jumlah benda-benda kecil ini diketahui dari pengukuran dengan menempatkan sensor di luar angkasa (in situ measurement) dan pemodelan.

Dilihat dari ukurannya, sampah berukuran antara 1 hingga 10 cm lah yang paling mengkhawatirkan. Kenapa? Karena mereka ini cukup kecil sehingga tidak bisa diamati dengan baik untuk dimasukkan ke dalam katalog orbit sementara di sisi lain mereka cukup besar sehingga masih memiliki daya rusak yang tinggi.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini