Asteroid Mengancam Bumi, Rusia Berencana Bangun Observatorium di Bulan

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Senin 08 Juni 2020 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 08 56 2226345 asteroid-mengancam-bumi-rusia-berencana-bangun-observatorium-di-bulan-IRkFcazBL9.jpg (Foto: Ist)

MOSCOW - NASA telah mendeteksi adanya asteroid yang mendekati Bumi pada hari ini. Asteroid tersebut dijuluki XA22 2013 atau Apolo yang melesat ke Bumi dan membuat semua badan antariksa lainnya siaga penuh, dikutip Sindonews.

Keberadaan asteroid atau meteor yang semakin mengancam keberadaan Bumi membuat dunia bereaksi. Mereka mengganggap jika meteor-meteor besar itu tidak dihalau niscaya kiamat akan terjadi.

Rusia akan bangun pangkalan Bulan 'yang dijalankan oleh robot untuk melacak asteroid yang mengancam Bumi.

Badan antariksa Rusia Roscosmos mengatakan pihaknya berencana untuk membangun sebuah observatorium di Bulan yang mampu melacak asteroid yang mengancam Bumi.

Observatorium tersebut merupakan bagian dari pangkalan bulan yang ambisius yang diharapkan negara untuk dibangun di kutub selatan Bulan yang akan ditenagai dengan energi nuklir, kata para pejabat.

Badan antariksa Rusia - Roscosmos - mengatakan pihaknya berharap untuk membangun pangkalan permanen di Bulan yang akan berfungsi sebagai bagian dari "sistem global untuk melacak asteroid dan ancaman komet".

"Lokasi yang dipilih untuk pangkalan itu adalah kutub selatan bulan. Ia memiliki kelegaan dan kondisi yang menguntungkan: cukup cahaya untuk panel surya, kawah yang selalu dibayangi dengan cadangan es untuk bahan bakar dan bahan baku," tutur Aleksandr Bloshenko, kepala eksekutif sains.

Bloshenko menambahkan bahwa Rusia tidak berharap proyek itu tidak dikomersialkan atas usaha antariksa itu, tetapi bahwa proyek tersebut akan membawa nilai ilmiah dan menjadi instrumen penting dalam mempertahankan bumi dari asteroid.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini