Belajar Online Versus Belajar di Kelas, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2020 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 207 2226738 belajar-online-versus-belajar-di-kelas-ini-kelebihan-dan-kekurangannya-jD8wOILZQl.jpg Ilustrasi (Foto: Potential)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 bisa membuat orang memilih berada di rumah. Dengan berada di rumah, aktivitas bisa dilakukan secara online, mulai dari berkomunikasi via aplikasi video konferensi hingga belajar secara online.

Belajar online tentu berbeda dengan belajar di kelas. Ada kelebihan maupun kekurangan dari kedua cara belajar tersebut.

Dilansir Msutoday, belajar online bisa menjadi pilihan bagus atau bahkan lebih baik ketimbang belajar di kelas. Peneliti menunjukkan pelajar yang mengambil online learning menunjukkan performa lebih baik ketimbang mereka yang menerima instruksi langsung, tetapi ini harus dilakukan dengan benar.

Pembelajaran online terbaik menggabungkan unsur-unsur di mana siswa berjalan dengan kecepatan mereka sendiri, pada waktu mereka sendiri, dan dirancang untuk berpikir secara mendalam.

Pelajar juga perlu kritis tentang materi pelajaran yang dikombinasikan dengan unsur-unsur di mana siswa online pada saat yang sama dan berinteraksi dengan siswa lain, guru mereka dan konten.

Belajar online juga memiliki kekurangan. Guru perlu menyaring tujuan utama mereka dan memanfaatkan fitur teknologi untuk memenuhi mereka.

Pada saat belajar online mungkin interaksi akan lebih berkurang, tidak seperti belajar di kelas. Tenaga pendidik perlu menguasai ilmu pendidikan (pedagogi) dan ia tidak hanya pandai memindai buku teks, merekam pelajaran, serta membawanya ke online.

Tantangan yang dihadapi ialah akses yang harus memadai ke teknologi dan infrastruktur sosial yang dibutuhkan untuk pendidikan virtual. Pandemi ini menyoroti perlunya investasi dalam infrastruktur teknologi.

Dalam peralihan menuju pendidikan virtual, tentunya diperlukan kesiapan dalam hal internet yang andal dan cepat, serta perangkat yang cocok untuk mendukung pendidikan secara online.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini