2019, Jumlah Sampah di Indonesia Capai 64 Juta Ton

Agregasi VOA, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2020 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 56 2226704 2019-jumlah-sampah-di-indonesia-capai-64-juta-ton-yTzrojyL6l.jpg (Foto: Perdiansyah/AFP)

JAKARTA - Sampah seharusnya menjadi perhatian seluruh kalangan agar tidak menimbulkan kerusakan lingkungan maupun mengganggu kelangsungan hidup hewan.

Dikutip Voaindonesia, setiap tahunnya produksi sampah di Indonesia terus mengalami peningkatan. Pada 2019 bahkan jumlah sampah di Indonesia sudah mencapai 64 juta ton per tahun.

"Sampah plastik sukar diurai mempunyai umur panjang dan ringan akan mudah diterbangkan angin bahkan terbawa aliran air hingga ke mana-mana," ucapnya.

Seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menegaskan Indonesia berkomitmen dalam menangani sampah laut.

Mengingat masalah ini juga dihadapi negara-negara lain, menteri LHK menegaskan bahwa pemerintah Indonesia telah mengambil langkah strategis.

''Kami menyadari bahwa tantangan ke depan akan lebih besar dan hanya melalui kerja sama dan kolaborasi kami dapat mengatasi masalah-masalah penting ini,'' kata Siti Nurbaya.

Terkait dengan pengurangan polusi laut dari kegiatan berbasis darat, Indonesia berkomitmen mengurangi limbah padat hingga 70 persen pada tahun 2025.

Selain itu, pemerintah juga telah menyusun Rencana Aksi Nasional untuk mengurangi limbah plastik melalui berbagai kegiatan yang harus dilakukan oleh semua pemangku kepentingan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini