LIPI Kembangkan Masker Kain Disinfektor Cegah Covid-19

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Selasa 09 Juni 2020 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 56 2226945 lipi-kembangkan-masker-kain-disinfektor-cegah-covid-19-6BjzpwHTo7.jpg (Foto: Sindonews)

JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tengah mengembangkan penelitian masker kain disinfektor sebagai penangkal salah satu virus corona. Masker tersebut bisa dipakai oleh masyarakat umum.

"Terkait masker kain disinfektor yang kami kembangkan khusus untuk masyarakat umum, bukan tenaga medis," kata Peneliti di Pusat Penelitian Fisika LIPI, Deni Shidqi Khaerudini kepada Okezone, Selasa (9/6/2020).

Deni menambahkan penelitian masker kain ini, selain bertujuan untuk mencegah terpapar virus corona, masker ini juga diharapkan untuk menjaga ketersediaan masker medis yang beberapa lalu sempat terjadi kelangkaan.

"Tujuan masker disinfektor kami kembangkan karena justru untuk tidak mengganggu suplai masker medis, jadi tenaga medis tentu mereka diwajibkan menggunakan masker medis," lanjutnya.

Namun, Deni mengakui, masker kain disinfektor masih dalam pengembangan riset dan belum beredar di kalangan masyarakat.

"Tentu untuk sampe tahap komersial (edar), masih perlu pengembangan lebih lanjut," ungkapnya.

Deni menambahkan dalam penelitian pengembangan masker tersebut, sudah dilakukan tiga bulan lalu, dan saat ini pihaknya akan melakukan pengujian kembali.

"Untuk riset hingga saat ini sudah dilakukan lebih kurang 3 bulan (termasuk persiapan), dan nanti akan kami uji lanjutan berupa antiviral di BSL-3 (bio safety level - 3) ada di LIPI Cibinong," tutupnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini