Satelit LAPAN Pantau Sepinya Perairan Bali saat PSBB

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Selasa 09 Juni 2020 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 56 2227021 satelit-lapan-pantau-sepinya-perairan-bali-saat-psbb-IgnyuLqyzG.jpg (Foto: LAPAN RI/Facebook)

JAKARTA - Penerapan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat aktivitas penyeberangan dari Bali ke Nusa Penida terpantau landai. Padahal di perairan tersebut dikenal sangat sibuk.

Aktivitas tersebut terpantau oleh satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Berdasarkan akun Facebook Resmi LAPAN, pematauan tersebut terjadi pada 23 Januari dan 12 April.

"Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB berhasil memotret aktivitas di sekitar Pulau Bali sebelum Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) 23 Januari 2020 dan saat pelaksanaan PSBB pada 12 April 2020," ungkapnya.

 Satelit LAPAN Pantau Sepinya Perairan Bali saat PSBB

Padahal sebelum aturan PSBB diterapkan aktivitas penyeberangan dari Pelabuhan Benoa ke Nusa Penida masih ramai.

"Sebelum tanggal 23 Januari, banyak kapal berlayar dari dan ke Nusa Penida. Saat itu kegiatan pariwisata masih diperbolehkan," tulisnya.

Akan tetapi, setelah aturan tersebut diterapkan, aktivitas langsung sepi lantaran tempat pariwisata ditutup. Hal tersebut sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus corona.

 Satelit LAPAN Pantau Sepinya Perairan Bali saat PSBB

"Sementara saat penerapan PSBB (12 April 2020), aktivitas penyeberangan sangat sepi. Hal ini dikarenakan tempat pariwisata ditutup sementara untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19," tutupnya.

 

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini