Gojek Uji Coba Penggunaan Sekat Pelindung Cegah Covid-19

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 10 Juni 2020 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 207 2227708 gojek-uji-coba-penggunaan-sekat-pelindung-cegah-covid-19-4TxDmdoiOS.jpg (Foto: Gojek)

JAKARTA – Memasuki Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi dan era new normal, PT Gojek terus berupaya memperbaiki protokol kesehatan yang ketat sebagai bentuk komitmen membantu pemerintah mencegah penyebaran virus corona.

Chief of Public Policy and Government Relations Gojek, Shinto Nugroho mengatakan sebagai langkah awal, PT Gojek telah melakukan uji coba penggunaan sekat pelindung yang akan dipasangkan pada driver Goride dan Gocar hal itu merupakan salah satu bentuk aksi protokol kesehatan.

“Penggunaan sekat pelindung kini diujicobakan di layanan roda-dua GoRide melanjutkan fasilitas serupa di layanan roda-empat GoCar,” katanya kepada wartawan, Rabu (10/6/2020).

Shinto menuturkan bahwa inisiatif ini bagian dari protokol kesehatan Gojek sebagai standar layanan yang diperkuat, termasuk kewajiban penggunaan masker bagi mitra dan penumpang, disinfeksi kendaraan mitra secara rutin, imbauan membawa helm SNI sendiri bagi penumpang.

“Penggunaan protokol ini, pelanggan dan mitra tidak dikenakan biaya tambahan untuk berbagai fasilitas keamanan dan kesehatan dari Gojek,” tuturnya.

Gojek sepakat dengan Pemerintah bahwa bagaimanapun keamanan, kesehatan dan kebersihan harus tetap menjadi perhatian utama di masa pandemi ini. Lewat uji coba sekat pelindung di GoRide ini, dapat menjadi solusi teraman bagi mitra dan masyarakat untuk bermobilitas sesuai dengan protokol kesehatan.

“Setelah uji coba ini, kami akan meneruskan masukan yang kami dapat di lapangan dari mitra driver maupun penumpang. Sehingga nantinya, tercipta suatu standar yang benar-benar mampu menjawab kebutuhan riil ditinjau dari aspek kesehatan, maupun keamanan dan kenyamanan saat berkendara di jalan,” ungkapnya.

Selain itu, protokol kesehatan, dapat diketahui melalui tampilan status suhu tubuh dan kebersihan kendaraan di aplikasi Gojek.

”Pengguna dapat mengetahui suhu tubuh dan kebersihan kendaraan mitra driver saat memesan layanan transportasi GoRide dan GoCar; layanan logistik; dan pesan-antar makanan GoFood,” ungkapnya.

Kemudian ada 130 Posko Aman Gojek di 16 kota besar Pengoperasian 130 ‘Titik Posko Aman Gojek’ di 16 kota besar yang rutin memberikan layanan cek suhu tubuh, disinfeksi kendaraan, dan distribusi paket kesehatan bagi mitra driver. Gojek adalah aplikasi on-demand dengan jumlah posko aman terbanyak di Indonesia.

“Titik Pencegahan COVID-19 di sejumlah area strategis Gojek mengaktifkan shelter atau titik jemput di area strategis seperti Stasiun Sudirman, Stasiun Juanda, Stasiun Tanah Abang, MRT Lebak Bulus, Stasiun Bekasi, dan puluhan lokasi lainnya sebagai 'Titik Pencegahan COVID-19'. Di sini, pengguna bisa melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum berangkat serta mendapatkan hairnet dan masker secara gratis,” tutupnya.

 

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini