LIPI Kembangkan Rimpang Jahe Merah Lawan Virus Corona

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 10 Juni 2020 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 56 2227577 lipi-kembangkan-rimpang-jahe-merah-lawan-virus-corona-U5owf0Y6to.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengembangkan obat herbal untuk menangkal Virus Corona. Obat herbal tersebut berbahan dasar dari tanaman asli Indonesia.

Peneliti LIPI Masteria Yunovilsa Putra mengatakan obat tersebut telah dilakukan uji klinis kandidat immunomodulator, sehingga bisa menjadi peningkat sistem imun membantu pasien melawan Covid-19.

Dalam riset obat herbal yang dijadikan sebagai penangkal virus corona, pihaknya sudah melakukan sejak Maret, dengan pengkajian ilmiah terhadap beberapa komoditas herbal Indonesia yang diperkirakan memiliki aktivitas imunomodulator.

"Kegiatan pengkajian ilmiah ini dikerjakan oleh tim peneliti LIPI, UGM, dan PT. Kalbe Farma Tbk," ujarnya.

Masteria mengatakan obat herbal ini diharapkan tidak hanya untuk mengobati, namun dapat sebagai pencegahan untuk Orang dalam Pengawasan atau (ODP) dan Pasien dalam Pengawasan (PDP) yang terindikasi Covid-19.

"Diharapkan pada bulan Juli analisis dan hasil sementara dari uji klinis sudah terlihat," ungkapnya.

Adapun obat herbal yang dipercaya dapat mengatasi virus corona terdapat dua produk yang akan di uji klinis, yakni Cordyceps militaris dan kombinasi herbal rimpang jahe merah dan herbal lain.

"Kombinasi herbal tersebut sudah diformulasikan, ada prototype dan datanya serta memiliki izin edar dari BPOM," tutupnya.



(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini