BPPT Targetkan Vaksin Covid-19 Diproduksi pada 2021

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Kamis 11 Juni 2020 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 56 2228158 bppt-targetkan-vaksin-covid-19-diproduksi-pada-2021-RCamBvwvnR.jpg Kepala BPPT, Hammam Riza (Foto: BPPT)

JAKARTA - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tengah bekerjasama dengan berbagai lembaga untuk memproduksi vaksin Covid-19 buatan dalam negeri. BPPT menargetkan vaksin tersebut akan tersedia pada awal 2021.

Kepala BPPT, Hammam Riza mengatakan Pemerintah Indonesia tengah berupaya untuk mencari penawar virus corona sendiri, sehingga dalam mengatasi virus tersebut ke depan Indonesia dapat mandiri dalam menghadapinya.

"Melalui kolaborasi berbagai pihak lainnya, saya yakin vaksin bisa diproduksi tepat waktu di awal tahun depan. Indonesia dapat mandiri tanpa harus membeli dari luar," kata Hammam saat rapat virtual Pencegahan Covid-19 bersama Menristek Bambang Brodjonegoro beberapa waktu lalu.

Hammam menyakini, ilmuwan dalam negeri akan mampu menciptakan vaksin virus corona sesuai rencana. Pasalnya BPPT memiliki pengalaman dalam membuat berbagai vaksin.

"Melihat dari kasus sebelumnya kita mampu menciptakan vaksin. BPPT sendiri pernah terlibat dalam pembuatan berbagai vaksin di antaranya vaksin avian influenza, vaksin hipatitis b, vaksin dengue, vaksin human papilloma virus," lanjutnya.

BPPT juga mendukung proses hilirisasi vaksin tersebut. Pihaknya juga siap berperan dalam rancangan industri atau manufaktur vaksin.

"Sudah saatnya Indonesia mandiri tidak tergantung import. BPPT yakin vaksin anak bangsa mampu menjadi momentum bagi industri kesehatan Indonesia maju," tutupnya.

 

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini