Kominfo Gandeng YouTube dan Google Tangani Hoaks saat Pandemi

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 207 2229033 kominfo-gandeng-youtube-dan-google-tangani-hoaks-saat-pandemi-2wm9t51hnz.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng YouTube dan Google dalam penanganan konten hoaks khususnya di masa Pandemi Virus Corona yang melanda di Tanah Air.

Pemerintah mengapreasi peranan YouTube yang ikut memerangi konten disinformasi.

"Agenda pertama pagi tadi, kami melakukan komunikasi dengan (pihak) YouTube dalam pertemuan tersebut menjelaskan bahwa betapa pentingnya kerjasama dalam penanganan konten disinformasi atau hoaks yang terkait spesifiknya dalam kaitannya dengan pemutusan rantai Covid," kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate dalam siaran langsung di channel YouTube resmi milik Kominfo, Jumat (12/6/2020).

Menteri Johnny menambahkan, selain memerangi berita hoaks yang menjamur pada saat pandemi, Kominfo juga mengapresiasi komitmen YouTube menyebarluaskan informasi yang sehat kepada masyarakat global dan upaya membangun literasi digital masyarakat Indonesia.

"Kami apresiasi komitmen YouTube yang membantu pemerintah dalam menyebarkan informasi yang sehat," tuturnya.

Tidak hanya itu, dalam pertemuan daring tersebut, membahas juga terkait peranan media sosial pada sektor ekonomi digital. YouTube dan pemerintah memiliki tujuan yang sama dalam meningkatkan peluang ekonomi digital serta mempercepat proses transformasi menuju masyarakat digital.

“Hal-hal tersebut sangatlah baik untuk diketahui, mengingat upaya adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat yang produktif dan aman membutuhkan dukungan ekonomi digital, persebaran informasi yang sehat, aktual, faktual serta literasi digital bagi masyarakat kita," tutupnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini