Facebook Rangkul Wikipedia untuk Layanan Pencarian

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Sabtu 13 Juni 2020 18:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 13 207 2229545 facebook-rangkul-wikipedia-untuk-layanan-pencarian-PgAuoWoZ1i.jpg (Foto: Ars Technica)

MENLO PARK - Facebook menguji coba fitur baru yang bertujuan membuat pengguna makin betah berada di platform mereka, dikutip Sindonews.

Fitur tersebut berupa informasi Wikipedia nantinya akan ditampilkan pada hasil pencarian yang dilakukan pengguna di platform Facebook.

Lewat integrasi ini, pencarian di Facebook bisa menampilkan informasi faktual terkait topik seperti tokoh masyarakat, tempat, minat, seperti film dan acara TV.

Misalnya ketika pengguna mengetik judul film pada kolom pencarian, Facebook akan menampilkan informasi detail mengenai film tersebut. Informasi ini berasal dari data yang tersedia secara umum, termasuk dari Wikipedia.

Alih-alih mengharuskan pengguna mengklik Facebook untuk melihat informasi tersebut, hasil pencarian ditampilkan di panel samping di sebelah hasil pencarian.

Format ini mirip dengan Knowledge Panel yang digunakan Google untuk jenis pencarian yang serupa.

Facebook mengonfirmasi, fitur ini baru diuji coba dalam bahasa Inggris di Facebook versi iOS, desktop, dan mobile web.

Facebook Search ini juga akan mengarahkan pengguna langsung ke fitur-fitur Facebook. Misalnya ketika pengguna mencari Covid atau Covid-19, mereka akan diarahkan ke laman bantuan milik Facebook, bukan dari informasi lainnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini