Satu Akun WhatsApp Bakal Dapat Digunakan di 4 Ponsel?

INews.id, Jurnalis · Minggu 14 Juni 2020 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 13 207 2229567 satu-akun-whatsapp-bakal-dapat-digunakan-di-4-ponsel-qk9JXjB9z1.jpg (Foto: Pixabay)

MENLO PARK - WhatsApp saat ini hanya memungkinkan Anda untuk terhubung ke akun Anda dari satu perangkat. Bahkan versi desktop WhatsApp hanya dapat bekerja bersamaan dengan aplikasi yang berjalan di smartphone, dikutip iNews.

Perusahaan kabarnya mulai menguji fitur akses simultan ke akun dari beberapa perangkat secara bersamaan (akses multi-perangkat WhatsApp). Diharapkan akun WhatsApp dapat digunakan dari empat perangkat secara bersamaan.

Saat ini, fungsi tersebut sedang dalam pengembangan dan akan muncul dalam versi beta. Namun belum diketahui tanggal pasti peluncurannya.

Tim WhatsApp menguji beberapa fungsi berguna lainnya. Antara lain, melakukan pencarian berdasarkan tanggal dan alat baru untuk menggunakan memori.

Ada pula fitur mengurutkan foto dalam obrolan berdasarkan kebaruan atau ukuran, dan menghapus pesan yang disimpan kecuali yang ditandai.

WhatsApp telah berulang kali dikritik oleh para pakar keamanan karena sikapnya terhadap data pengguna dan kurangnya enkripsi dalam percakapan. Baru-baru ini, penelitian yang dilakukan oleh peneliti cybersecurity Athul Jayaram, mengungkapkan kerentanan baru dalam fungsi menciptakan obrolan menggunakan undangan kode QR.

Ternyata, karena menggunakan fungsi ini, nomor kontak bocor. Dan dalam beberapa kasus, bahkan teks pesan muncul. URL yang dikemas dalam kode QR yang dapat didistribusikan kembali secara otomatis diindeks oleh mesin pencari dan muncul dalam hasil pencarian.

Peneliti mampu mendeteksi lebih dari 300.000 nomor ponsel pengguna dalam hasil pencarian. Dan jumlah ini pasti akan bertambah. Ini karena WhatsApp mengetahui apa yang terjadi dan tidak menganggap ini sebagai kebocoran data.

Menurut Athul Jayaram, cara terbaik untuk menghindari kebocoran adalah dengan menghapus akun WhatsApp dan memilih solusi yang lebih aman.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini