BPPT Kembangkan 5 Inovasi Penanganan Covid-19

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 15 Juni 2020 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 56 2230129 bppt-kembangkan-5-inovasi-penanganan-covid-19-JtMU8rkswT.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Hammam Riza memaparkan 5 Inovasi di tengah Pandemi Virus Corona yang melanda di seluruh wilayah Tanah Air. Kelima inovasi tersebut dipercaya dapat menangani Covid-19 menuju tatanan baru Indonesia.

Hammam menjelaskan inovasi yang pertama adalah disebut RDT (Rapid Detection Test) Kit yang terdiri dari dua jenis yakni antibodi IgG/IgM dan Antigen Micro Chip.

"Ini bermanfaat deteksi antibodi IgM dan IgG, OTG, ODP, PDP, Post Infeksi dan Herd Immunity," katanya.

Kemudian, ada inovasi yang disebut PCR Test Kit alat ini meliputi gen deteksi SArscov-2 sekuen virus Indonesiaa dengan sensitivitas 100 persen terhadap Sarscov-2.

"Inovasi yang ketiga yakni Mobile Lab Bio Safety Lab Level 2. Ini ruang utama bertekanan negatif yang dilengkapi pemusnah limbah, pencatat sampel dan pelaporan hasil terintegrasi, aplikasi pantau Covid," ujarnya.

Selanjutnya ada inovasi artificial Intelligence untuk deteksi Covid-19. Alat ini untuk medis CT Scan dan X ray untuk diagnosis Covid-19.

"(Alat ini juga) sistem pendukung keputusan berbasis knowledge growing system dan memantu radiologi," ungkapnya.

Inovasi yang terakhir adalah, Hamman melanjutkan yakni disebut Emergency Ventilator. "Produsen PT LEN, PT Polyta Jaya, PT Dharma dan Power resuscitator berbasis Ambu Bag Mode Arm dan penumatik," tuturnya.

"Persembahan BPPT untuk menanggulangi Covid-19 dalam membangun ekosistem inovasi teknologi dengan cepat, agar produk kesehatan dihasilkan secara mandiri," tutupnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini