Kenali Cordyceps, Jamur yang Digunakan LIPI untuk Tangkal Covid-19

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 15 Juni 2020 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 56 2230184 kenali-cordyceps-jamur-yang-digunakan-lipi-untuk-tangkal-covid-19-Zt3cIGfvtr.jpg (Foto: Wikipedia)

JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menguji salah satu obat herbal untuk menguatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus corona. Pengujian yang dilakukan LIPI adalah jamur Cordyceps militaris.

Pengujian tersebut dilakukan terhadap 90 pasien covid di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Jamur tersebut merupakan Immunomodulator melawan Covid-19.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, jamur Cordyceps merupakan genus jamur yang tumbuh dan bersifat parasit pada larva serangga. Jamur ini juga dapat menyerang larva yang kemudian mengganti jaringannya yang natinya akan tumbuh panjang hingga ke luar tubuh inang atau larva tersebut.

Para ilmuwan menemukan hampir 400 spesies Cordyceps yang berhasil ditemukan. Dua yang telah banyak diteliti dalam dunia medis yaitu Cordyceps sinensis dan Cordyceps militaris yang bermanfaat Cordyceps pun cukup menjanjikan, walau studi yang dilakukan masih banyak pada uji hewan dan uji laboratorium.

Berdasarkan hasil penelitian, jamur tersebut kaya akan nutrisi, seperti protein, asam amino esensial, peptida, vitamin (B1, B2, B12, E, K), asam lemak, dan mineral serta zat aktif cordycepin dan adenosine.

Zat cordycepin merupakan komponen bioaktif yang berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan imunitas.

Untuk diketahui, selain jamur yang dijadikan Immunomodulator melawan Covid-19. LIPI juga menggunakan rimpang Jahe Merah untuk dijadikan obat herbal melawan Covid-19.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini