Hacker Berpotensi Sadap Percakapan Pribadi via Bola Lampu

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2020 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 207 2230916 hacker-berpotensi-sadap-percakapan-pribadi-via-bola-lampu-htLtwZ2S1h.jpg (Foto: Ubergizmo)

JAKARTA - Anda mungkin pernah mendengar mata-mata yang memanfaatkan kerentanan pada webcam atau mikrofon hingga speaker pintar. Tidak hanya perangkat tersebut, mata-mata berpotensi menyadap percakapan menggunakan bola lampu.

Dilansir Ubergizmo, menurut para peneliti dari Universitas Ben-Gurion di Negev dan Institut Ilmu Pengetahuan Weizmann di Israel, mereka telah menemukan penggunaan teleskop yang dilengkapi sensor elektro-optik.

Pelaku dapat mengarahkan ke bola lampu, di ruangan tempat percakapan itu berlangsung. Dengan demikian, secara teori mereka bisa mendengarkan percakapan pribadi.

Karena suara kita pada dasarnya adalah gelombang suara, gelombang ini menyebabkan semua jenis getaran yang mungkin tidak terlihat oleh mata telanjang, tetapi dengan peralatan yang benar, peretas secara teoritis dapat menangkap getaran yang disebabkan oleh suara kita dan mengubahnya menjadi audio melalui konverter analog-to-digital.

Meski begitu, mungkin tidak mudah untuk melakukannya. Ini karena tergantung pada ketebalan kaca bohlam dan kecerahannya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini