Ini Fasilitas Mobile Lab BSL2 Buatan Anak Negeri untuk Tangani Corona

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Selasa 16 Juni 2020 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 56 2231011 ini-fasilitas-mobile-lab-bsl2-buatan-anak-negeri-untuk-tangani-corona-yzCbSaplmp.jpg (Foto: @BPPT_RI/Twitter)

JAKARTA - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memastikan Mobile Lab BSL2 sebagai alat inovasinya untuk menangani virus corona sudah bisa dioperasikan.

Kepala BPPT, Hammam Riza mengatakan Mobile Lab Biosafety Level 2 (BSL2) menggunakan container 20 Feed, di desain menjadi dua ruang laboratorium.

"Menjadi dua ruang lab yakni anteroom dan main room," katanya saat Uji Coba Swab Test di Mobile Lab Biosafety Level 2, Selasa (16/6/2020).

Hammam melanjutkan, Mobile Lab BSL2 dilengkapi dengan negative pressure dan sistem interlock.

"Dalam Mobile Lab BSL2 juga dilengkapi fasilitas Biosafety cabiet cabinet, Autoclave dan PCR serta peralatan pendukung lain," ungkapnya.

Kemudian, Mobile Lab BSL2 juga memiliki fasilitas kamera ditempatkan di dalam laboratorium dan sarana komunikasi antara petugas di dalam dan di luar lab.

"Fasilitas ini menjadikan lab menjadi lebih lengkap, aman dan seluruh aktivitas di dalam lab bisa dimonitor dengan baik," tutupnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini