Paten Apple untuk Keamanan Pengguna dalam Mobil Otonom

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2020 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 207 2231447 paten-apple-untuk-keamanan-pengguna-dalam-mobil-otonom-PpHLZB94zm.jpg (Foto: Ubergizmo)

JAKARTA - Mobil otonom atau autonomous vehicle (AV) dibekali teknologi canggih sehingga kendaraan dapat beroperasi tanpa harus dikontrol oleh pengemudi. Meskipun bisa melaju otomatis, ada keadaan di mana kendaraan perlu mendapatkan intervensi manusia.

Dilansir Ubergizmo, menurut paten yang ditemukan oleh AppleInsider, Apple memiliki cara untuk membuat pengemudi tetap waspada, bahkan dalam kendaraan yang bisa mengemudi secara otomatis.

Ini akan datang dalam bentuk pemberitahuan dan peringatan yang akan meminta pengguna pada perangkat mereka yang telah mereka tautkan ke mobil mereka.

Teknologi ini melibatkan iPad atau iPhone yang dapat digunakan untuk menampilkan peringatan kepada pengemudi saat mobil menyetir sendiri. Ini akan membuat pengendara mengetahui apa yang terjadi di sekitar mereka, seperti ketika lampu berubah hijau, hambatan di jalan, dan sebagainya.

Ini di bawah anggapan bahwa pengemudi dapat menggunakan perangkat mereka saat mereka mengemudi, yang berarti bahwa peringatan ini pasti akan menarik perhatian pengemudi.

Apple sebelumnya telah memperkenalkan fitur 'jangan ganggu' di iOS. Jika sistem mendeteksi pengemudi tengah mengemudi, itu akan mematikan notifikasi untuk mencegah gangguan yang tidak diinginkan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini